Mohon tunggu...
Drh. Chaidir, MM
Drh. Chaidir, MM Mohon Tunggu... profesional -

JABATAN TERAKHIR, Ketua DPRD Provinsi Riau Periode 1999-2004 dan Periode 2004-2008, Pembina Yayasan Taman Nasional Tesso Nillo 2007 s/d Sekarang, Pembina Politeknik Chevron Riau 2010 s/d sekarang, Ketua Dewan Pakar DPD Partai Demokrat,Riau 2009 s/d 2010, Wakil Ketua II DPD Partai Demokrat Riau 2010 s/d 2015, Anggota DPRD Tk I Riau 1992 s/d 1997, Wakil Sekretaris Fraksi Karya Pembangunan DPRD Tk I Riau 1993 s/d 1998, Ketua Komisi D DPRD Tk. I Riau 1995 s/d 1999, Ketua DPRD Provinsi Riau 1999 s/d 2004, Ketua DPRD Provinsi Riau 2004 s/d 2008, Wakil Ketua Asosiasi Pimpinan DPRD Provinsi se-Indonesia 2001 s/d 2004, Koordinator Badan Kerjasama DPRD Provinsi se-Indonesia Wilayah Sumatera 2004 s/d 2008, Pemimpin Umum Tabloid Serantau 1999 s/d 2000, Pemimpin Umum Tabloid Mentari 2001 s/d 2007, Anggota Badan Perwakilan Anggota (BPA Pusat)AJB Bumiputera 1912 2006 s/d 2011, Ketua Harian BPA AJB Bumiputera 1912 (Pusat)2010 s/d 2011, Dosen Luar Biasa FISIPOL Jurusan Ilmu Pemerintahan UIR Pekanbaru 2009 s/d sekarang, Dosen Luar Biasa FISIPOL Jur Ilmu Komunikasi Univ Riau Pekanbaru 2009 s/d sekarang, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi DWIPA Wacana 2011

Selanjutnya

Tutup

Politik

Bangsa Tersandera

20 November 2011   10:36 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:26 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Oleh drh Chaidir

PARLEMEN kita kembali bikin ulah. Bulan lalu Badan Anggaran DPR marah besar karena pimpinannya diperiksa KPK dalam kasus dugaan mafia anggaran. Bulan ini, Anggota DPR kita yang terhormat itu marah-marah karena dituding hedonis, mempertontonkan perilaku hidup mewah secara berlebihan. Situasi bertambah seru ketika Ketua MK, Mahfud MD menyebut pula ada praktek jual-beli dalam pembahasan pasal-pasal RUU di DPR.

Sebenarnya tak hanya DPR yang dicurigai tak amanah  KPK dan MK juga idem dito.  Tingkat kepercayaan masyarakat kita dewasa ini memang sedang berada di titik nadir terhadap lembaga apapun yang berbau pemerintahan. Apa yang dilontarkan oleh Busyro Muqoddas dan Mahfud MD, sebetulnya adalah sesuatu yang biasa, penyedap sarapan pagi di kedai kopi. Bau tak sedap dari kongkalikong oknum di DPR, KPK, MK, sudah menjadi rahasia umum. Terasa ada terkatakan tidak.

Kambing hitamnya adalah konstitusi kita. UUD 1945 pasca perubahan memberi kekuasaan yang sangat besar kepada DPR. Lihatlah pasal 20 ayat (1): “Dewan Perwakilan Rakyat memegang kekuasaan membentuk undang-undang.” Ini bermakna bahwa fungsi legislasi merupakan hak eksklusif DPR. DPRlah yang memegang kekuasaan membentuk undang-undang, tidak ada lembaga lain. Tetapi UUD 1945 pasca perubahan itu, juga mengatur bahwa kita sekarang menganut dua badan legislatif (bicameral system) yaitu DPR (anggotanya berasal dari partai politik) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) anggotanya perorangan, non partisan. Kedua-duanya dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilu.

Dalam sistem tersebut, DPD diharapkan dapat menetralisir dominasi DPR yang berlebihan. Sebab salah satu penyakit menahun DPR dan lembaga sejenis di Negara manapun, mereka terlalu dominan dan bahkan arogan, terutama bila kekuasaan legislatif mutlak berada di tangannya seperti klausul pasal 20 ayat (1) UUD 1945 itu. Monopoli fungsi legislasi DPR menjadi  cenderung disalahgunakan, mudah dipengaruhi oleh fluktuasi situasi politik, dan terbuka peluang adanya kecerobohan dalam pengesahan UU, termasuklah dugaan jual-beli pasal-pasal UU itu. Kepentingan rakyat sering dikalahkan oleh kepentingan partai politik.

Sayang disayang, fungsi legislasi DPD sangat lemah. Tak seperti DPR yang full power, DPD bahkan tak punya hak suara (voting right) dalam menetapkan UU. Dengan demikian walaupun kita menganut bicameral system, DPR tetap terlalu dominan. DPD tidak bisa menjadi penyeimbang.  Oleh karena itu, usul amandemen UUD 1945 yang kelima kalinya, diharapkan bisa memberikan keseimbangan fungsi legislasi antara DPR dan DPD. Amandemen itu mutlak harus dilakukan bila kita tak ingin bangsa ini tersendera tarik menarik kepentingan partai politik di DPR. Kecenderungan ke depan, DPR akan semakin sering unjuk gigi menggunakan senjata pamungkas vox populi vox Dei (suara rakyat suara Tuhan). Maka, jalan buntu (deadlock), bahkan kelumpuhan (paralysis) dalam sistem ketatanegaraan kita tinggal menghitung hari.

Tentang Penulis : http://drh.chaidir.net

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun