Mohon tunggu...
Bunga Tiana
Bunga Tiana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

"Jastrip.id, Your Best Solution!"

1 Juni 2018   10:34 Diperbarui: 1 Juni 2018   10:56 648
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Peningkatan jumlah Sarjana menjadi tantangan terbesar pasar tenaga kerja dalam menghadapi fresh graduate. Selain itu, dunia pekerjaan memiliki satu kebiasaan yang mana tentunya melakukan rapat guna mencapai tujuan masing-masing perusahaan. Untuk mendapatkan predikat Sarjana, seorang mahasiswa tentunya harus melewati tahap penelitian.

Dan bagi seorang pekerja tentunya harus menjadi notulensi agar hasil rapat dapat disimpan dan dipertanggungjawabkan. Terlebih untuk seorang marketing, dalam memasarkan produk dan mencari peluang pasar untuk bisnisnya membutuhkan wawancara dengan para pendahulu.

Melalui latar belakang singkat diatas bahwa adanya peluang bisnis untuk penyedia jasa transkrip. Penyedia jasa transkrip dilakukan untuk mempermudah pekerjaan mereka dan mengefesiensikan waktu mereka dalam melakukan serangkaian kegiatan. Pasalnya dengan meminta tolong kepada jasa transkrip untuk hasil wawancara penelitian dan rapatnya, pekerjaan seorang peneliti maupun seorang pekerja menjadi lebih ringan.

Jadi mereka dapat melakukan kegiatan lain tanpa harus menunggu hasil transkrip. Namun dalam melakukan bisnis ini tentunya tidak mungkin jika tidak ada hambatan. Pasti ada hambatan untuk semua bisnis, namun tergantung bagaimana kita yang menghadapinya. Disini, diperkirakan bahwa permasalahan yang akan dihadapi adalah jumlah pesaing yang semakin banyak serta sumber daya manusia sebagai pekerja di Jastrip.id.

Oleh karena itu, untuk menghindari permasalahan-permasalahan tersebut, Jastrip.id menggunakan Business Model Canvas untuk dapat mengurangi permasalahan tersebut.

Business Model Canvas itu sendiri terdiri atas 9 bagian, yaitu:

1.      Customer Segments

Segmentasi konsumen Jastrip.id termasuk ke dalam Mass Market yang mana fokus dan kebutuhannya relative sama. Serta segmentasi konsumen yang dituju oleh Jastrip.id adalah para peneliti dan seseorang yang bekerja sebagai notulensi rapat di suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan rata-rata seorang peneliti dan seorang notulensi membutuhkan jasa transkrip.

2.      Value proposition

Value proposition yang ditawarkan adalah effective yang mana dengan menggunakan Jastrip.id, segmentasi konsumen yang dituju menjadi lebih efisien dalam memafaatkan waktunya. Kedua yaitu low price, disini Jastrip.id menawarkan harga terendah daripada pesaing. Ketiga, trusted yang mana Jastrip.id menjaga seluruh kerahasiaan wawancara yang dilakukan konsumen. Keempat adalah express yang mana pengerjaan transkrip ini sangat cepat dan kurang dari jadwal deadline. Kelima, accuration yang mana menawarkan pengerjaan transkrip dengan akurasi yang tepat sesuai dengan audio yang dikirimkan.

3.      Channels

Channels pertama yang dilakukan adalah awareness yang mana meningkatkan brand awareness kepada para calon pelanggan melalui media sosial dan dari mulut ke mulut. Kedua yaitu evaluation yang mana pada saat selesai mengerjakan transkrip, maka dilakukan peninjauan kembali atas hasil wordnya. Ketiga yaitu delivery yang mana Jastrip.id menggunakan Google (Gmail) untuk pengiriman hasil transkrip. Keempat adalah after sales, disini Jastrip.id memberikan ruang untuk pelanggan jikalau ada kekurangan dari hasil transkrip.

4.      Customer Relationship

Bagi Jastrip.id, pelanggan adalah nomor satu. Oleh sebab itu Jastrip.id selalu meningkatkan hubungannya dengan pelanggan dengan melalui personal assistance yang mana memberikan ruang tersendiri apabila pelanggan ingin memakai Jastrip.id serta adanya peningkatan customer loyal dengan memberikan kenyamanan yang salah satunya memanggil pelanggan Jastrip.id dengan sebutan "rekan, Jastrip". Kedua yaitu Co Creation, disini Jastrip.id meminta testimoni kepada para pelanggan untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi.

5.      Revenue Streams

Jastrip.id memakai sistem "Fix Menu Price" yang mana sudah ditetapkan harga untuk Jastrip.id itu sendiri. Serta nantinya, Jastrip.id akan memberikan beberapa discount untuk hari-hari tertentu.

6.      Key Activities

Jastrip.id memiliki serangkaian aktivitas guna menyempurnakan jasanya kepada para rekan Jastrip. Yang pertama aktivitas produksi, disini Jastrip.id membutuhkan sebuah laptop dan headsheet. Kedua, aktivitas marketing yang mana guna meningkatkan brand awareness, Jastrip.id melakukan serangkaian marketing yaitu lewat promotion. Ketiga, distribution yang mana berkaitan dengan aktivitas pengiriman hasil transkrip. Dan yang terakhir adalah aktivitas keuangan dan akuntansi yang berkaitan dengan pencatatan dan laporan arus kas.

7.      Key Resource

Salah satu kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan Jastrip.id adalah sumber daya manusia untuk mengerjakan transkrip. Tanpa sumber daya yang berkompeten dan berintelektual dalam melakukan pengetikan cepat dan pendengaran yang bagus, maka Jastrip.id dirasa tidak dapat menerima transkrip yang diminta oleh rekan Jastrip.

8.      Key Partners

Dalam menyuksesan bisnis Jastrip.id, tentunya Jastrip.id memiliki hubungan dengan para partnernya yang diantaranya adalah counter "Pulsa" sebagai tempat pembelian pulsa untuk menghubungi para rekan Jastrip dan untuk melakukan pengiriman melalui Gmail. Kedua adalah hubungan dengan electronic shop yang mana Jastrip.id membutuhkan kerja sama dengan toko elektronik untuk melakukan pembelian laptop, salah satunya. Serta apabila laptop rusak, maka bisa cepat dibenarkan. Lalu selanjutnya dibutuhkan untuk pembelian headsheet.

9.      Cost Structure

Pengeluaran yang dibutuhkan Jastrip.id dalam melakukan proses pengerjaan transkrip adalah untuk produksi, marketing dan salary. Untuk produksi, mengapa Jastrip.id membutuhkan biaya karena untuk pengerjaan transkrip, Jastrip.id membutuhkan laptop dan headsheet. Kedua, guna meningkatkan brand awareness kepada calon pelanggan, maka Jastrip.id melakukan pengenalan melalui akun media sosial by owner dan pembuatan akun media sosial untuk Jastrip.id itu sendiri.

Serta marketing yang akan dilakukan adalah melalui promotion di akun media sosial. Kemudian Jastrip.id juga akan melakukan perluasan tenaga kerja dengan merekrut freelance. Karena seperti yang diketahui, satu orang saja tidak cukup untuk mengerjakan transkrip. Maka, Jastrip.id nantinya akan merekrut orang-orang untuk ikut bergabung menjadi bagian dari Jastrip.id. Oleh karena itu, Jastrip.id memerlukan biaya untuk pembayaran gaji kepada para karyawan nantinya.

Kesimpulan dari seluruh penjelasan diatas adalah bahwa dengan adanya jasa ini, maka diharapkan dapat mengefesiensikan waktu mereka dalam pembuatan transkrip wawancara. Intinya adalah dengan mengembangkan bisnis ini, diharapkan dapat memperlancar segala aktivitas seseorang untuk menyelesaikan pekerjaannya. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Hantu Pocong Lembang, Hiburan Siang di Jalan Macet!

4 bulan yang lalu
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun