Mohon tunggu...
Bunga Berti Patricia
Bunga Berti Patricia Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Mahasiswa

suka menjadi pribadi yang melihat tantangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbandingan Penerapan untuk Pengembangan Legalitas Usaha Siswa Lebih Efisien di Masa Depan

16 Juli 2024   16:19 Diperbarui: 16 Juli 2024   16:46 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Legalitas yang efisien untuk membuka pikiran bagi para siswa yang akan mengerjakan tugasnya sebagai pelajar ternyata dilihat tidak semudah itu. Mereka masih beranjak dari pikiran anak-anak dibawah umur untuk proses kedepannya menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi. Sebagai siswa teladan mereka pasti ingin mempunyai masa depan yang jelas dan tak kalah penting mereka pasti mempunyai tujuan yang harus dikerjakan dalam semasa duduk dibangku sekolah. Saya sebagai mahasiswa yang menjalani KKN di Desa Sajen sangat melihat bagaimana mereka melakukan pemecahan masalah disaat saya dan bersama teman-teman saya melaksanakan proker tentang legalitas ini.

Saya sangat antusias terhadap semangat jiwa nasionalis mereka yang sangat membantu saya beserta tim untuk melaksanakan program kerja yang saya laksanakan di SMK Thoriqul Ulum Ini. Disana para siswa juga sangat bisa bekerja sama mulai dari menerangi hal yang saya sampaikan hingga berlaksananya kuis tentang hukum ini, tak hanya itu siswa juga sangat tertarik membahas tentang politik di dunia hukum karena menurut mereka Legalitas itu ternyata sangat penting untuk kedepannya. Mereka juga antusias terhadap menghafal pasal tentang legalitas seperti uu bahkan pp yang ada didalam materi yang telah saya berikan bersama tim.

Legalitas itu sendiri mempunyai banyak faktor untuk membimbing para siswa mencapai tujuannya yang baik dan tersusun untuk kedepannya kalau ditanya mengapa para siswa ini membutuhkan panduan legalitas dalam membuat legalitas usaha karena supaya mereka tahu apa yang kan mereka susun untuk kedepannya, dan apa yang akan mereka siapkan untuk memulai bisnis yang akan mereka buka. Saya juga berpikiran bahwasannya seorang siswa akan terlaksana dengan baik untuk prospek kedepannya dengan adanya dukungan dari orang disekitarnya dan dari panduan-panduan yang sudah dilihat serta dibaca oleh siswa.

Sumber Dari Penulis
Sumber Dari Penulis

Di SMK Thoriqul Ulum ini kebetulan saya menjelaskan dengan siswa yang jurasannya Teknik Komputer Jaringan serta Busana yang dimana menurut saya target dalam menjelaskan legalitas ini sangat bermanfaat bagi mereka seperti, siswa yang mengambil jurusan komputer jaringan mereka bisa membuka peluang bisnis dengan membuka jaringan baru atau bahkan mereka bisa membuka usaha dalam bidang jual beli aplikasi yang lebih mudah membantu pihak konsumen. Kalau busana saya juga memenuhi target untuk membantu menjelaskan tentang mereka yang mempunyai konsep dalam membantu mereka untuk membuat baju busana mulai dari keagamaan bahkan sampai busana yang sedang tren dikalangan anak muda, bahkan siswa yang mengambil jurusan busana ini bisa membuka peluang bisnis seperti modifikasi kain tenun, bahkan selendang kain yang sedang naik daun dikalangan anak muda zaman sekarang. Jadi dengan adanya penerapan legalitas usaha siswa ini membantu para siswa untuk lebih percaya diri untuk memulai semuanya dari nol, dari mereka tidak mengetahui apapun tentang hal yang akan dikerjakan sampai mereka mengetahui apa yang seharusnya dipersiapkan sejak dini, sejak mereka menjadi siswa yang ingin menjulang kepermukaan dunia berbisnis. Antusiasme guru sangat memberikan dukungan terhadap saya dan tim pelaksanaan program legalitas usaha ini sangat mendukung perannya sebagai guru yang memberikan dorongan bagi siswanya untuk melakukan usaha berbisnis.

Sumber Dari Penulis
Sumber Dari Penulis

Bagaimana kalau ada yang tidak setuju dengan siswa yang masih dibawah umur terlalu cepat untuk memikirkan legalitas tentang usaha yang akan dibuka kedepannya? jelas jawabannya tidak bisa ditentukan semua ada didalam pribadi diri masing-masing yang dimana meskipun siswa masih dibawah umur mereka masih mempunyai hak untuk memilih jalan hidupnya serta pemikirannya untuk menyiapkan bekal masa depannya.  Mereka juga berhak dalam pemilihan bisnis apa yang akan mereka pilih dan saya juga setuju dengan semangat mereka yang tertarik didalam bidang yang akan saya sampaikan. Mereka sangat bersemangat untuk mengetahui potensi mereka sendiri -sendiri. Saya sangat mendukung kemampuan mereka mulai dari nol sampai mereka bisa sukses dalam menjalani bisnis yang akan mereka buka.

Yang bisa saya simpulkan dalam legalitas usaha siswa ini semoga siswa yang berada di Thoriqul Uum ini sangat bisa menjadi pembisnis yang hebat dalam menjalankan hidup dan masa depannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun