Mohon tunggu...
Bunga Ananda almaura
Bunga Ananda almaura Mohon Tunggu... Mahasiswa - INSTITUT PARIWISATA TRISAKTI | | S1 Pariwisata

INSTITUT PARIWISATA TRISAKTI | | S1 Pariwisata

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Belajar Psikologi Pelayan dalam Dunia Pariwisata

24 Februari 2022   09:11 Diperbarui: 24 Februari 2022   09:35 9458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebelum kita memahami apa itu psikologi pelayanan kita perlu tau belajar sedikit pemahaman tentang pengertian psikologi secara dasasar berikut beberapa pengertian psikologi menurut beberapa ahli sebagai berikut : 

  • Menurut Plato psikologi berasal dari kata psyche yang artinya jiwa dan berasal dari kata logos yang artinya ilmu, psikologi juga bisa diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat, hakikat dan hidup jiwa manusia.
  • Menurut Robert S. psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia atau human behavior.
  • Menurut Mussen & Rosenwieg psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mind ( pikiran ) atau the study of mind.


Setelah kita memahami apa itu psikologi secara dasar menurut para ahli  kita juga perlu memahami apa tujuan kita mempelajari psikologi, yaitu sebagi berikut : 

  • Memahami tingkah laku ( to understand ) Dapat memahami individu satu dengan lain berbeda atau untuk memahami dorongan yang melatar belakangi tingkah laku yang ditimbulkan oleh individu itu sendiri. 
  • Memprediksi tingkah laku ( to predict ) Memberikan pengetahuan atau pemahaman yang telah diperoleh atau digunakan untuk memprediksi Tingkah laku yang terjadi.
  • Mengendalikan/merubah tingkah laku Dapat mencegah dan memperbaiki keadaan yang tidak menguntungkan dan membuka kemungkinan terjadinya keadaan yang lebih menguntungkan.


PSIKOLOGI PELAYANAN

Psikologi pelayanan adalah Ilmu yang mempelajari aktivitas manusia, baik sikap maupun perilakunya dalam mengembangkan diri untuk menjadi profesional dalam bidang pelayanan atau juga Ilmu yang mempelajari aktivitas manusia dalam melakukan pelayanan untuk pemenuhan kebutuhan pada bidang masing-masing. Secara umum, Pelayanan adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang lain (konsumen, pelanggan, tamu, klien, pasien, penumpang) yang tingkat pemuasannya hanya dapat dirasakan oleh yang melayani dan dilayani.

Setelah kita mempelajari tentang dasar-dasar psikologi kita juga perlu memahami apa manfaat kita mempelajari psikologi pelayanan, yaitu sebagai berikut : 

  • Manusia adalah mahluk sosial, artinya manusia membutuhkan orang lain dalam hidup ini, oleh karena itu kita perlu memahami orang lain.Pemahaman terkait dengan kepribadian maupun tipe dari orang yang akan kita layani. Pemahaman akan orang lain akan memudahkan kita dalam memberikan pelayanan. Dalam hal ini kemampuan untuk menyesuaikan perilaku dan kebutuhan dari orang yang kita layani.

Berikutnya kita akan mempelajari prilaku manusia dan faktor pembentukannya : 

  1. Perilaku Manusia Merupakan aktivitas atau segala bentuk tingkah laku manusia sebagai reaksi individu akibat dari adanya stimulasi lingkungan dan motivasi diri.

       2. Faktor Pembentuk

  • Keturunan/heriditas. (ex. Intelegensi, emosi).
  • Lingkungan. 
  • Kematangan, Fungsi tubuh dapat menjalankan tugas dengan baik.
  • Interaksi dengan lingkungan

Motif Prilaku      

  1. Motif Dasar, kebutuhan yang mendorong manusia untuk berperilaku. Contohnya seperti motif lapar, maka perilaku yang muncul adalah mencari makanan (makan); motif haus, manusia akan minum,dan lain sebaginya.   
  2. Motif Sosial, pada dasarnya manusia selalu ingin berinteraksi dengan orang lain, dan melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan dirinya

Motif Sosial McClelland

  1. Achievement Motivation ( motivasi berprestasi )

      Ciri - ciri :

  • Tidak mudah menyerah
  • Berusaha sukses dalam persaingan dengan standar yang baik
  • Memiliki tanggung jawab internal
  • Memanfaatkan umpan balik
  • Meneliti lingkungan, untuk mencari peluang
  • Senang tantangan dan hal-hal baru
  • Kreatif guna mendapatkan solusi unik
  • Dorongan untuk selalu belajar seakan dikejar waktu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun