Mohon tunggu...
Khoirul Muttaqin
Khoirul Muttaqin Mohon Tunggu... Wiraswasta - IG: @bukutaqin

Halo 🙌 Semoga tulisan-tulisan di sini cukup bagus untuk kamu, yaa 😘🤗

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Daily Gratitude: Merasa Pantas Jadi Penulis Novel Online

30 Juni 2022   07:00 Diperbarui: 30 Juni 2022   07:05 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Pexels.com by Moose Photos 

Awalnya saya tidak tahu jika "merasa pantas" itu begitu penting untuk dimiliki. Terlepas pada profesi apapun yang kita jalani. Bahkan pada hal-hal kecil seperti percintaan dengan lawan jenis. Keyakinan bahwa kita merasa "pantas" akan mengubah persepsi kita. Sedangkan persepsi menuntun perilaku kita sehari-hari.

Umpamanya saya tidak merasa pantas berprofesi menjadi penulis novel online. Maka saya akan menjauhi profesi ini. Saya tidak akan tertarik untuk mendalami profesi ini. Saya tidak akan mencoba untuk mencari tahu apa kelebihan profesi penulis novel online.

Begitu pula dalam hubungan percintaan. Apabila diri saya tidak merasa pantas untuk mendapatkan mawar. Maka saya tidak akan berjuang untuk mendapatkan perempuan bernama mawar. Bahkan ketika sosok mawar adalah sosok wanita yang sangat ideal bagi saya. Saya tetap tidak akan berani melangkah untuk mendekati mawar. Bahkan saya pernah merasa takut mendekati perempuan yang saya sukai.

Berbeda jika memiliki keyakinan bahwa menjadi penulis novel online adalah profesi yang tepat untuk saya. Saya akan mencari tahu lebih mendalam agar keinginan saya menjadi penulis novel online menjadi nyata. Begitu pula ketika saya merasa pantas untuk mendapatkan perempuan bernama mawar. Maka saya akan berusaha untuk mendapatkan mawar. Saya berani melangkah untuk mendapatkan mawar.

Merasa pantas adalah hal yang penting untuk dimiliki. Terkhusus adalah merasa pantas pada hal-hal yang baik dan tidak melanggar hukum. Dengan merasa pantas, kita akan menjadi sosok yang lebih berani dan percaya diri.

Baca juga: Daily Gratitude: Mendapat Restu untuk Menulis di Web Novel

Bersyukur karena merasa pantas

Kali ini rasa syukur hadir karena saya meyakini apabila telah merasa pantas untuk menjadi penulis novel online. Keyakinan ini tidak hadir seketika setelah mengetahui apabila dunia ini ada profesi penulis novel online. Melainkan melewati proses yang lumayan panjang.

Buat kamu yang ingin menjadi penulis novel online, semoga rasa pantas menjadi penulis novel online ada pada dirimu. Begitu pula buat kamu yang menginginkan untuk menjadi sesuatu yang lain. semoga keyakinan bahwa kamu adalah orang yang pantas menyertaimu. Sehingga menumbuhkan semangat dan energy ketika kamu berusaha mendapatkannya.

Puja dan puji syukur saya haturkan pada Allah SWT yang telah membimbing kita hingga di tahap ini. Terima kasih atas petunjuk hidup yang telah engkau berikan kepada kami. Semoga apa yang kami lakukan adalah perilaku-perilaku yang baik dan bermanfaat.

Keyakinan bahwa saya pantas menjadi penulis novel online memiliki pengaruh besar. Saya semakin menikmati ketidaktahuan teknis menulis novel online dengan cara riset-riset secara mandiri. Banyak referensi saya baca. Banyak orang memberikan informasi dan saran agar menjadi penulis novel online. Banyak hal yang telah saya dapatkan hingga di titik ini. Sekalipun di depan sana masih ada banyak hal yang masih perlu dipelajari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun