Mohon tunggu...
Budiman
Budiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Penulis. Menyukai berbagai bidang pekerjaan yang menambah ilmu pengetahuan dan mendapatkan pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Cerpen || Dua Bulan Sebelum Ramadhan

9 Februari 2024   19:15 Diperbarui: 9 Februari 2024   19:21 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana di Kota Jakarta (Sumber: Pixabay.com/Febri Amar)

Di tengah hiruk pikuk kota Jakarta, yang jalanannya selalu dipenuhi hiruk pikuk klakson mobil dan hiruk pikuk keramaian, hiduplah seorang remaja putri bernama Aisha. Aisha dikenal karena kebaikan dan kemurahan hatinya, sifat yang semakin bersinar menjelang bulan suci Ramadhan.

Dua bulan menjelang Ramadhan, Aisha sudah bisa merasakan antisipasi di udara. Saat itulah hati menjadi lembut, dan semangat amal menyelimuti masyarakat. Saat matahari terbenam di bawah cakrawala, memancarkan cahaya oranye ke seluruh kota, Aisha duduk di balkonnya, merenungkan berkah yang menanti.

Suatu malam, saat berjalan-jalan di pasar sekitar, Aisha memperhatikan seorang lelaki tua yang kesulitan membawa tas belanjaannya. Tanpa ragu, dia bergegas ke sisinya dan menawarkan bantuannya. Lelaki tua itu, bersyukur atas bantuannya, memperkenalkan dirinya sebagai Pak Rahman. Mereka berjalan bersama, bertukar cerita sepanjang perjalanan.

Ketika mereka sampai di tempat tinggal Pak Rahman yang sederhana, beliau mengundang Aisha masuk untuk minum teh. Duduk di ruang tamunya yang nyaman dihiasi dengan foto-foto keluarganya, Pak Rahman berbagi cerita tentang masa mudanya dan kegembiraan Ramadhan yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih. Aisha mendengarkan dengan seksama, hatinya membengkak karena kehangatan.

Minggu-minggu berlalu, Aisha dan Pak Rahman membentuk ikatan khusus. Setiap malam, dia mengunjunginya, membawakan makanan buatan sendiri dan memberikan perhatian yang penuh kasih. Sebagai imbalannya, Pak Rahman menyampaikan hikmah yang didapat dari pengalaman seumur hidup.

Saat Ramadhan semakin dekat, Aisha merasakan adanya tujuan yang berkembang dalam dirinya. Terinspirasi oleh cerita Pak Rahman dan dipandu oleh ajaran Ramadhan, dia memulai misi untuk menyebarkan kebaikan dan niat baik ke seluruh komunitasnya.

Bersama teman-temannya, Aisha menyelenggarakan acara amal untuk masyarakat kurang mampu, membagikan paket perawatan ke panti asuhan, dan menjadi sukarelawan di badan amal setempat. Upaya mereka membawa senyum ke banyak wajah dan menyatukan komunitas dalam semangat kasih sayang.

Akhirnya hari pertama Ramadhan pun tiba, ditandai dengan terlihatnya bulan sabit. Aisha dan Pak Rahman saling berpelukan dengan sepenuh hati, ikatan mereka diperkuat dengan antisipasi bersama akan bulan suci mendatang.

Sepanjang Ramadhan, Aisha meneruskan amal kebaikannya, menyehatkan jiwanya dengan doa dan renungan. Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri yang semakin dekat, Aisha menyadari bahwa hakikat Ramadhan yang sesungguhnya tidak hanya berpantang makanan dan minuman, namun juga membina tali persahabatan dan melayani mereka yang membutuhkan.

Saat berpamitan dengan Pak Rahman di hari terakhir Ramadhan, Aisha tahu bahwa persahabatan mereka akan bertahan lama setelah bulan suci berlalu. Dengan hati bersyukur dan semangat yang diperbarui, beliau menantikan berkah yang menanti di bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun