Mohon tunggu...
Budi sasongko
Budi sasongko Mohon Tunggu... Desainer - Sederhana apa adanya

Suka berpetualang

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tips Terhindar dari Penipuan Lowongan Kerja

11 Maret 2020   00:23 Diperbarui: 11 Maret 2020   10:37 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saya ingin berbagi sedikit mengenai keluh kesah menjadi seorang pengangguran, yang tak kunjung mendapatkan panggilan kerja. Alih alih di panggil interview malah hampir kena tipu.

Ini pengelaman saya share, semoga saja bisa menjadi bahan pembelajaran sahabat yang tentu saja memiliki aktifitas mencari kerja dimana saja. Nah saya akan ceritakan kronologi singkatnya dan semoga bisa di ambil pelajaran juga.

Dalam grub Wa mantan alumni ada seseorang yang mengirim Link Lowongan kerja di sebuah PT di Purwokerto, nama PT nya sangat beken sekali tidak usah disebutkan lah namanya. Tidak semuanya memang, karena banyak juga loker purwokerto yang benar benar valid.

Lalu saya langsung saja klik link tersebut dan kebetulan lagi online dari laptop juga akhirnya saya kirim deh lamaran via email.

Beberapa hari berselang saya mendapatkan balasan yang membuat hati sangat senang yang isinya kurang lebih menyatakan saya lulus tes administrasi dan harus melaksanakan tes selanjutnya yakni tes terakhir wawancara.

Dalam balasan email tersebut di cantumkan dengan jelas jamnya, kemudian alamat kantornya sangat detail sekali memang. Dan tentu saja ada saja yang membuat saya curiga, nah ini kalau tidak detail maka bisa kena tipu deh yakni dimana disana di akhir email di katakan saya harus memesan tiket travel sesampai di setasiun atau terminal. 

Pesan tiket travel ke nomer yang akan diberikan setelah sampai disana. 

Disinilah saya mulai curiga dan menelusurinya dan ternyata benar, modus penipuan yang sangat halus sekali dimana nanti pas sampai tujuan kita akan di peras habis habisan oleh oknum ini dengan membawa ke tujuan yang entah semaunya dia.

Nah kira kira apa saja tips yang harus diperhatikan supaya terhindar dari modus penipuan lowongan kerja ini ? Berikut point penting yang harus di perhatikan.

1. Lihat sumber informasinya

Jika datang dari situs resminya maka bisa dipastikan asli. Jikapun dari situs bukan resmi ada juga yang asli asalkan kita harus cek dan ricek juga situs resminya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun