Â
Sangat menarik membahas perkembangan internet dewasa ini. Sejak awal mula muncul dan digunakan di Indonesia pada tahun 1994, internet serta merta menghidupkan dan mengerakkan segala sendi kehidupan. Ia bagai siraman hujan yang menyuburkan benih-benih hijau setelah kemarau panjang. Terlebih seiring perkembangan teknologi informasi yang terdigitalisasi, maka gurita perkembangan internet tak terbendung dan terus berlari bagai hewan tunggangan untuk menancapkan kuku imperiumnya.  Jumlah penggunanya pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai angka 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Â
Sobat internet yang budiman, gurita perkembangan internet boleh dikatakan begitu massif dan berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi, ideologi, budaya maupun gaya hidup. Sebagai generasi 90-an, saya merasakan  betul segala perubahan itu. Mulai dari masa SMP  tahun 2002, hingga bekerja sebagai guru di salah satu sekolah swasta saat ini, betapa banyak bentuk piranti teknologi informasi dan berbagai layanan internet yang lahir. Berbagai disiplin ilmu tentang internet dan dunia digital pun bagai menara tinggi yang tak henti menyinari ranah intelektual, dan menjadi agen perubahan yang sangat dirasakan betul manfaatnya pada saat ini. Â
Lebih jauh bicara tentang internet, maka tak bisa dipungkiri, bahwa komponen penting atau lokomotif dari  gurita perkembangan internet saat ini, tak terlepas dari bermunculan berbagai internet provider di negeri ini. Melalui internet provider, maka bermekaranlah berbagai macam e-commerce dan berbagai media sosial yang dinikmati oleh lintas generasi. Tak terkecuali dengan generasi Z. Generasi yang secara teori dikatakan lahir dari rentang tahun 1997 hingga 2012 ini, sungguh generasi yang identik dengan internet, lantaran mereka lahir di era perkembangan teknologi informasi.
IndiHome dan Aktivitas Tanpa Batas Generasi Z Â Â Â Â
Dunia internet yang dibalut digitalisasi saat  ini tak terlepas dari kegiatan membuat konten dan menikmati konten. Bahkan boleh dikatakan, bahwa berkonten ria setiap hari melalui gadget masing-masing, adalah suatu ritual wajib yang melekat dalam diri generasi Z. Dan untuk menunjang kegiatan tersebut, maka  dibutuhkan internet provider yang memberikan  pelayanan dan pengalaman berselancar  yang maksimal.
Salah satu internet provider yang dikenal cepat dan stabil di Tanah Air saat ini  tak lain dan tak bukan adalah IndiHome yang dikenal dengan tagline ‘Aktivitas Tanpa Batas’ IndiHome yang mulai diluncurkan tahun 2015 ini, adalah produk layanan dari Telkom Indonesia yang digunakan oleh lebih dari sembilan juta pelanggan saat ini. Dengan menggunakan teknologi fiber optik, IndiHome menawarkan Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone), dan TV Interaktif (IndiHome TV).
Lalu bagaimanakah peran IndiHome dalam aktivitas  tanpa batas generasi Z dalam membuat berbagai konten kreatif?  Yuk simak hasil wawancara saya dengan tiga pelajar yang terdiri dari Najmi, Arif, Duta Delima, serta seorang Youtuber sukses lewat konten OmeTV yang bernama Fiki Naki.Â