Mohon tunggu...
Budi Putra
Budi Putra Mohon Tunggu... -

CEO, The Jakarta Post Digital (http://thejakartapost.com); Advisor at Viki.com; Former TEMPO, CNET, SlashPhone & Yahoo! Checkout http://budiputra.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Media Arus Utama versus Blog?

9 Oktober 2008   05:12 Diperbarui: 21 Maret 2019   17:54 1199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ini adalah pertanyaan yang keliru, sehingga akan menghasilkan jawaban yang keliru juga. Bagaimana mungkin memposisikan dua hal yang sesungguhnya tak perlu dipertentangkan? 

Media arus utama (mainstream media) jelas berfungsi mewartakan berita-berita terbaru, eksklusif, resmi dan terkadang dengan penulisan yang dalam (in-depth), sementara blog adalah media personal yang menulis hal-hal yang unik, ringan, pendek dan biasanya spesifik, tetapi dengan pandangan yang sangat personal.

Jika pewarta media arus utama harus menulis berita sebisa mungkin tanpa dibalut opini (meski juga terkadang mustahil), blogger jelas-jelas menulis dengan opininya, karena blog adalah "diari" personalnya. Di sinilah "keunggulan komparatif" para blogger. Dia bisa dengan santai bercerita tentang sebuah brand tanpa khawatir dituduh mengiklankan sebuah produk. 

Anda bisa menemukan banyak sekali blog yang khusus membahas satu produk atau brand tertentu (misalnya ada blog khusus Apple, Harley Davidson, Nintendo, BlackBerry) padahal mereka sama sekali tidak berafiliasi dengan perusahaan yang bersangkutan. Bandingkan dengan media massa utama yang harus hati-hati sekali menulis. 

Sering kita temukan kalimat di suratkabar seperti ini: "...ujar CEO salah satu operator di sela-sela peluncuran sebuah ponsel di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan." :-) Oh ya, ada keunggulan lainnya: Jika pewarta media massa harus menunggu sebuah produk misalnya harus diumumkan secara resmi, blogger tak harus menyimpan rasa penasarannya, tapi bisa saja menulis "bocoran-bocoran"-nya terlebih dahulu. Sebagai seorang gadget blogger di 3Gweek dan SlashPhone, saya tiap hari merasakan hal ini. 

Alih-alih menunggu pengumuman resmi sebuah produk telepon seluler, kami para gadget blogger malah berlomba-lomba mencari dan menulis bocoran produk-produk tersebut - sehingga muncul istilah "exclusive-hands on", "leaked pictures". Rasanya senang sekali jika kita berhasil memposting sebuah breaking news karena akan di-linkback oleh blog-blog lainnya. 

Bahkan, sebuah blog yang khusus meresensi ponsel memiliki tag-line yang dahsyat: "Reviewed yesterday, announced today". Tak heran, ponsel pintar macam iPhone, E71, Xperia, T-Mobile G1 Android, BlackBerry Storm, sudah heboh duluan di blogosfer jauh sebelum diumumkan resmi oleh para vendornya. 

Mengapa blog-blog seperti ini memiliki audiens yang banyak? Dan mengapa para vendor suka ngasih bocoran produknya kepada mereka? Karena para mereka menulis dengan gairah (passion) dan antusiasme yang tinggi, sehingga dibanjiri oleh pembaca yang antusias pula! Ya, betul: Ketika seseorang sudah mencintai suatu bidang, dia akan menongkronginya dengan sepenuh hati - seperti yang terjadi pada gadget blogger. Pada gilirannya, isu-isu soal akurasi sudah tidak relevan lagi, karena mereka menulis dengan sangat akurat karena benar-benar menguasai bidangnya tersebut!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun