Mohon tunggu...
Budiman
Budiman Mohon Tunggu... Guru - Penulis ⦁ Mubaligh ⦁ Guru

Penulis 2 buku non fiksi remaja (Kun Al Fatih 2017 dan Falyaqul Khairan 2018) ⦁ Mubaligh (Alumni Ma'had Kutubussittah Babussalam Makassar 2016 dan Ma'had Albirr Unismuh Makassar 2021) ⦁ Guru (SMA Wihdatul Ummah Takalar)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tantangan Meneliti Ilmu Agama Islam di Era Digital

7 Desember 2024   09:13 Diperbarui: 7 Desember 2024   09:18 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tantangan meneliti ilmu-ilmu Islam (Sumber: canva.com)

Ulumuddin, atau ilmu-ilmu agama Islam, merupakan salah satu pilar penting dalam tradisi keilmuan Islam. Disiplin ilmu ini mencakup berbagai bidang yang saling melengkapi, seperti ilmu aqidah, fiqih, hadits, tafsir, tasawuf, hingga ilmu nahwu dan balaghah. 

Setiap bidang memiliki peran strategis dalam memahami ajaran Islam secara komprehensif. Namun, dalam era modern yang diwarnai dengan kemajuan teknologi dan perubahan sosial, peneliti ilmu-ilmu ini dihadapkan pada tantangan besar untuk menjaga relevansinya.

Ilmu aqidah memberikan dasar keimanan yang kokoh, menjadi fondasi bagi setiap Muslim. Ilmu fiqih hadir sebagai panduan dalam menjalankan syariat Islam di segala aspek kehidupan, sementara ilmu hadits dan tafsir menjadi sumber penting dalam memahami ajaran Rasulullah dan Al-Qur'an. 

Di sisi lain, ilmu tasawuf membahas aspek spiritual yang membantu manusia mendekatkan diri kepada Allah, sedangkan ilmu akhlaq dan muamalah memberikan pedoman tentang etika dan hubungan sosial.

Keseluruhan ilmu ini tidak hanya menjadi panduan dalam kehidupan beragama, tetapi juga memberikan kerangka berpikir yang sistematis. Namun, tantangan di era digital dan globalisasi memunculkan kebutuhan baru bagi para peneliti ilmu Islam untuk beradaptasi.

Relevansi meneliti ilmu-ilmu Islam (Sumber: canva.com)
Relevansi meneliti ilmu-ilmu Islam (Sumber: canva.com)

Tantangan Utama Peneliti Islam: Relevansi di Era Society 5.0

Kemajuan teknologi dan digitalisasi menuntut ilmu keislaman untuk tetap relevan dalam membangun masyarakat modern. Misalnya, bagaimana ilmu fiqih dapat memberikan panduan tentang transaksi digital seperti e-commerce, atau bagaimana ilmu akhlaq berperan dalam membentuk etika digital yang baik.

Peneliti harus mampu menjembatani nilai-nilai Islam dengan kebutuhan praktis masyarakat masa kini. Kemampuan berpikir kritis dan pendekatan multidisiplin menjadi keharusan dalam menjawab persoalan kontemporer.

Pergeseran Peran Pengetahuan Tradisional

Di masa lalu, ulama dan dosen adalah sumber utama ilmu keislaman. Namun, akses informasi yang luas melalui internet telah mengubah pola belajar masyarakat. 

Tantangan ini memaksa peneliti untuk tidak hanya mengandalkan metode tradisional, tetapi juga memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan pengetahuan agama.

Metodologi Penelitian yang Terbatas

Masih banyak peneliti yang cenderung menggunakan pendekatan deduktif atau berbasis teks, sementara realitas sosial memerlukan pendekatan yang lebih empiris. 

Dalam menghadapi isu-isu seperti sosiologi Islam atau psikologi Islam, diperlukan penelitian lapangan yang berbasis data untuk menghasilkan solusi yang relevan dan aplikatif.

Dekadensi Moral di Era Digital

Perubahan pola hidup di era digital membawa tantangan tersendiri, terutama terkait dengan krisis nilai dan moralitas. Generasi muda yang tumbuh di tengah arus informasi global seringkali kehilangan akar budaya dan nilai agama. 

Peneliti Ulumuddin perlu merancang pendekatan pendidikan yang tidak hanya menarik, tetapi juga efektif dalam membangun karakter dan moralitas.

Globalisasi dan Pengaruh Westernisasi

Pengaruh globalisasi seringkali membawa nilai-nilai yang bertentangan dengan ajaran Islam. Dalam konteks ini, peneliti dihadapkan pada tantangan untuk memperkuat posisi nilai-nilai normatif Islam sambil tetap membuka ruang dialog dengan kebudayaan global.

Semua tantangan tersebut sebenarnya juga membuka peluang besar bagi perkembangan ilmu Islam. Era digital memungkinkan penyebaran ilmu agama melalui platform online, media sosial, dan aplikasi pendidikan. Peneliti dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat materi pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi generasi muda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun