Mohon tunggu...
BUDIAMIN
BUDIAMIN Mohon Tunggu... Seniman - K5 ArtProject

Hanya debu yang diterbangkan angin

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tersesat di Jalan yang Benar

16 Oktober 2024   04:51 Diperbarui: 15 Oktober 2024   11:23 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam perjalanan hidup, kita sering kali mendengar istilah "jalan yang benar." Ini adalah konsep yang mengisyaratkan bahwa ada rute yang harus kita ikuti untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Namun, bagaimana jika kita merasa tersesat di jalan yang seharusnya benar? Dalam perjalanan menuju impian atau tujuan hidup, terkadang kita mengalami kebingungan, keraguan, dan ketidakpastian. Momen-momen ini, meskipun menyakitkan, justru bisa menjadi pelajaran berharga dan titik balik dalam pencarian makna kehidupan.

Jalan yang Benar: Apa Sih Artinya ?

Sebelum kita membahas lebih dalam, mari kita definisikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan "jalan yang benar." Bagi setiap orang, jalan ini bisa berbeda. Ada yang menganggap jalan yang benar adalah mencapai kesuksesan karier, membangun keluarga bahagia, atau memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Namun, jalan yang benar bukan hanya tentang mencapai tujuan akhir, melainkan juga tentang bagaimana kita menjalani proses tersebut.

Sering kali, kita terjebak dalam ekspektasi---baik dari diri sendiri maupun dari orang lain. Kita merasa harus mengikuti jalur tertentu yang ditetapkan oleh norma sosial, budaya, atau bahkan keluarga. Namun, dalam upaya untuk memenuhi ekspektasi ini, kita bisa kehilangan arah dan merasa tersesat, meskipun kita berada di jalan yang "benar" menurut pandangan umum.

Momen Tersesat yang Mencerahkan

Kebingungan dan ketidakpastian adalah bagian alami dari kehidupan. Ketika kita merasa tersesat, itu bukan berarti kita telah salah langkah. Justru, momen ini sering kali menjadi kesempatan untuk merenung dan mengevaluasi kembali apa yang sebenarnya kita inginkan. Dalam perjalanan hidup saya, ada beberapa saat di mana saya merasa tersesat, meskipun saya telah mengikuti apa yang saya anggap sebagai jalan yang benar.

Salah satu pengalaman saya adalah ketika saya menyelesaikan pendidikan tinggi. Saya telah mengejar gelar yang saya pilih dengan penuh semangat, tetapi setelah lulus, saya merasa kosong. Pekerjaan pertama yang saya ambil tidak memberikan kepuasan, dan saya mulai mempertanyakan pilihan saya. Di sinilah, dalam kegelapan keraguan, saya menemukan cahaya baru. Saya mulai mencari tahu apa yang benar-benar saya cintai---menulis dan berbagi cerita. Saya menemukan bahwa meskipun saya tersesat di jalan yang seharusnya benar, saya justru menemukan diri saya yang sejati.

Menggali Makna di Tengah Kebingungan

Ketika kita merasa tersesat, penting untuk memberi diri kita ruang untuk menggali lebih dalam. Tersesat bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi awal dari penemuan baru. Dalam kebingungan, kita dapat menemukan pertanyaan-pertanyaan mendasar yang perlu kita jawab: Apa yang sebenarnya kita inginkan? Apa yang membuat kita merasa hidup? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin terasa menakutkan, tetapi mereka adalah kunci untuk menemukan kembali arah kita.

Menghadapi ketidakpastian dengan sikap terbuka adalah langkah pertama untuk menemukan makna. Dalam momen-momen tersesat, kita dapat belajar untuk mengandalkan intuisi dan menjelajahi jalan-jalan baru. Kita bisa mencoba hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, belajar dari pengalaman baru, dan membangun hubungan yang lebih mendalam dengan orang-orang di sekitar kita. Ini adalah kesempatan untuk melihat dunia dari perspektif yang berbeda dan menyadari bahwa tidak ada satu jalan yang benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun