Mohon tunggu...
budi abriansyah
budi abriansyah Mohon Tunggu... Guru - ini guru budi

Jadilah guru untuk kebaikan dunia dan akhirat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Refleksi CGP Minggu Ke-5

21 November 2021   22:07 Diperbarui: 21 November 2021   22:11 1684
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Jurnal Refleksi CGP Minggu Ke-5

Budi Abriansyah, M.Pd.

Pada refleksi minggu ini menggunakan Model 4C yaitu Connection, Challenge, Concept, dan Change. Untuk memudahkan dalam menyusun refleksi kegiatan Pendidikan Guru Penggerak minggu ini, dipandu dengan beberapa pertanyaan yaitu Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak? (Connection); Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini? (Challenge); Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak? (Concept); dan Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini? (Change).

Kegiatan PGP minggu ini diawali dengan sesi instruktur. Instruktur yang dimunculkan merupakan instruktur yang kompeten, dan memiliki berbagai macam pengalaman berkaitan penerapan nilai dan peran Guru Penggerak. Berbagai hal yang disampaikan oleh instruktur memberikan pembelajaran dan pengalaman yang berharga sehingga dapat dielaborasikan dengan pengalaman dan pemahaman yang sudah dimiliki. Bentuk elaborasi tersebut dilakukan dalam aksi nyata yang dilakukan minggu ini.

Materi yang disampaikan oleh instruktur merupakan pengalaman yang pernah dilakukannya dalam menerapkan nilai dan peran Guru Penggerak. Banyak pengalaman-pengalaman instruktur yang memiliki kesamaan peristiwa atau masalah dengan yang pernah dialami, perbedaannya hanya pada aksi dan reaksi yang dilakukan.

Pelajaran utama yang dipelajari pada minggu ini adalah mengenai bagaimana menguatkan nilai dan peran guru penggerak. Didapatkan banyak ide dan gagasan dari hasil tanya jawab dengan instruktur, rekan CGP, PP, dan fasilitator. Peran guru penggerak yang selama ini sudah dijalankan dapat lebih dikuatkan dengan nilai-nilai guru penggerak sehingga dapat memfasilitasi murid agar merdeka belajar. Nilai dan peran guru penggerak dihubungkan dengan visi guru penggerak yang baru dipelajari diakhir minggu ke lima ini, yaitu membuat gambaran murid dan sekolah yang dicita-citakan.

Perubahan yang akan dilakukan yaitu dimulai dari diri sendiri, dimulai dari hal-hal kecil, dan dimulai dari sekarang. Perubahan tersebut adalah meningkatkan kompetensi diri yang diperoleh secara mandiri maupun melalui kolaborasi, melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid, menggerakkan guru lain untuk sama-sama melakukan perubahan pembelajaran di kelas secara inovatif dan inspiratif. Hal yang penting juga melakukan kolaborasi dalam menciptakan kepemimpinan murid sehingga mereka dapat mengaktualisasikan dirinya untuk hidup dan kehidupannya. Aktif dalam kepengurusan KKG dapat dijadikan modal dasar untuk menggerakkan komunitas guru agar memiliki visi dan misi yang sama dalam menciptakan murid dan sekolah yang dicita-citakan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun