Mohon tunggu...
budi abriansyah
budi abriansyah Mohon Tunggu... Guru - ini guru budi

Jadilah guru untuk kebaikan dunia dan akhirat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Terbimbing: Nilai dan Peran Guru Penggerak

12 November 2021   01:56 Diperbarui: 12 November 2021   02:02 1828
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

REFLEKSI TERBIMBING: NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Nilai yang saya miliki adalah mandiri karena sejak dibangku sekolah saya sudah jauh dari orang tua. Saya tinggal dan diasuh oleh kakak saya dan disitu saya dituntut untuk mandiri. Saya dididik menjadi pribadi yang mandiri dengan cara membantu keperluan rumah tangga seperti mencuci, mengepel, menyetrika, dan lain-lain. Dengan pola asuh dan didikan seperti itu membentuk saya menjadi pribadi yang mandiri, terbiasa tidak bergantung kepada orang lain. Hikmahnya itu menjadi bermanfaat bagi kehidupan saya sampai saat ini.

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Setelah mengetahui nilai-nilai dari Guru Penggerak yang saya rasakan ternyata saya sudah memiliki sebagian dari nilai-nilai yang terdapat pada Guru Penggerak tesebut yaitu nilai mandiri dan reflektif. Saya selalu memotivasi diri sendiri untuk melakukan segala keperluan tanpa bergantung pada orang lain, dan berusaha menyelesaikan berbagai masalah yang saya temukan untuk bisa diselesai sendiri. Termasuk dalam melaksanakan pembelajaran pada siswa. Saya berusaha membuat pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa sehingga siswa memperoleh kompetensi yang diharapkan. Setelah melakukan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, terkadang saya merefleksi pembelajaran tersebut baik kelebihan dan kekurangannya. Namun, saya merasa bahwa saya masih belum memiliki nilai kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Saya kadang sulit bergaul dengan orang lain sehingga tidak dapat berkolaborasi yang baik dengan orang lain. Saya juga kurang memiliki inovasi karena sulit keluar dari zona nyaman, dan terkadang saya kurang memiliki rasa percaya diri untuk melakukan hal-hal baru. Selain itu, pembelajaran yang saya lakukan belum sepenuhnya berpihak pada murid. Pembelajaran yang dilakukan belum mencerminkan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid.

Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang?

Nilai-nilai Guru Penggerak yang sudah saya miliki yaitu nilai mandiri, reflektif. kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. 

Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Nilai-nilai Guru Penggerak yang perlu saya kuatkan yaitu nilai kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Saya perlu melakukan kolaborasi dalam pembelajaran agar saya dapat berdiskusi dengan yang lain terkait kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran yang  dilakukan. Selain itu, dengan melakukan kolaborasi diharapkan dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa, sehingga pembelajaran yang dilakukan berpihak pada murid.

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Peran dari Guru Penggerak yaitu menjadi pemimpin pembelajar, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach dan mentor bagi reka guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Diantara peran-peran tersebut yang sudah pernah saya lakukan yaitu menjadi pemimpin pembelajar ketika melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas dengan membuat pembelajaran supaya tetap kondusif, dan saya juga pernah memimpin guru-guru lain menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang digunakan untuk setiap tahun pelajaran. Saya juga pernah menjadi coach dan mentor bagi guru lain dalam kegiatan KKG yaitu menjadi mentor dalam membuat kontruksi tes soal Ujian Sekolah. Dalam melaksanakan peran 'menggerakkan komunitas praktisi', saya merupakan pengurus dalam komunitas KKG. Melalui komunitas tersebut saya dapat menggerakkan rekan guru lain untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh KKG yang tentunya kegiatan tersebut bermanfaat untuk guru tersebut. Dalam peran mendorong kolaborasi antar guru, saya pernah menulis buku soal latihan untuk siswa sekolah dasar yang disusun berkolaborasi dengan guru-guru lain sehingga buku tersebut berhasil dicetak, diterbitkan dan didistribusikan ke beberapa sekolah untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam peran mewujudkan kepemimpinan murid, saya sering melibatkan murid dalam proses pembelajaran, melibatkan murid dalam merawat kelas supaya tetap nyaman dan menyenangkan, dan juga melibatkan murid dalam melaksanakan tata tertib di dalam kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun