Target kerja karyawan adalah sebuah tujuan dari perjalanan Anda untuk mencapai sesuatu. Memiliki target itu sendiri merupakan motivator kinerja yang efektif. Individu yang memiliki target spesifik berkinerja lebih baik daripada mereka yang diberi tujuan yang tidak jelas seperti "do your best". Terkadang target yang sudah ditetapkan seringkali menyiksa karyawan, banyak karyawan yang merasa target tersebut sulit tercapai di masa yang ada misalkan seorang sales mobil ditargetkan mampu menjual 50 unit mobil dalam waktu 1 bulan. Padahal disaat itu, keadaan ekonomi sedang tidak baik seperti dampak yang dirasakan pada Pandemi Covid-19 sekarang ini.
Jika memang terjadi seperti itu, perlu diadakannya evaluasi dalam penentuan targetnya sehingga kita bisa mengetahui apakah target tersebut yang sangat sulit dicapai atau karyawan tersebut yang kurang mampu meningkatkan kinerjanya. Metode penetapan target yang tepat akan sangat bergantung pada sistem manajemen dan gaya organisasi tertentu. Yang kami ketahui adalah bahwa target, sasaran, atau indikator kinerja yang efektif memiliki fitur SMART berikut: Specific, Measurable, Agreed, Realistic, dan Time-framed.
1. Specific Targets
Target yang efektif lebih spesifik daripada vague dan berkonsentrasi pada hasil yang ingin dicapai daripada aktivitas yang diharapkan dari karyawan. Jadi, 'meningkatkan penjualan sebesar 10 persen' jauh lebih spesifik daripada 'mencoba meningkatkan penjualan'. Ini menggambarkan hasil yang diinginkan, sedangkan 'mencoba meningkatkan penjualan' hanya berurusan dengan upaya atau masukan karyawan. Ketika saatnya tiba untuk meninjau kinerja karyawan, akan menjadi masalah fakta apakah penjualan telah meningkat 10 persen. Tetapi apa yang dapat dikatakan seorang manajer kepada karyawan yang mengklaim telah mencoba meningkatkan penjualan, tetapi tanpa hasil?
Cobalah untuk menemukan pencapaian kata kerja yang dapat memulai target dengan menyatakan hasil yang diharapkan. Kata-kata seperti meningkatkan, mengurangi, menetapkan, menyetujui, melaksanakan, menyediakan dan mencapai menggambarkan hasil yang diharapkan dalam istilah tindakan, tetapi kata-kata seperti belajar, berdiskusi dan mempertimbangkan adalah tentang kegiatan atau masukan yang diperlukan dari karyawan dalam mencoba mencapai hasil yang diharapkan.
2. Measurable Targets
Target yang efektif akan mencakup ukuran atau standar yang akan digunakan dalam menilai hasil tersebut. Tindakan atau standar tersebut harus disepakati sebelumnya oleh manajer dan karyawan atau, setidaknya, karyawan harus mengetahui dan menerima standar atau tindakan tersebut. Dapat dijelaskan secara kuantitatif, seperti "meningkatkan penjualan sebesar 10 persen", atau kualitatif, menggunakan pernyataan standar atau deskriptif yang disepakati oleh manajer dan karyawan seperti "meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga rata-rata keluhan layanan tidak melebihi satu per minggu".
3. Agreed Targets
Mendapatkan komitmen karyawan adalah kunci untuk menetapkan target yang efektif. Karyawan harus berpartisipasi penuh dalam menetapkan tujuan untuk pekerjaan mereka sendiri, dan memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam perencanaan tujuan kelompok kerja, departemen dan organisasi secara keseluruhan. Seberapa banyak Anda melibatkan karyawan dalam menetapkan target mereka akan bergantung pada pendekatan organisasi terhadap manajemen kinerja dan gaya serta budayanya secara umum. Paling tidak, manajer harus memastikan bahwa orang yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tertentu memahami dan menerimanya. Karyawan tidak akan merasa berkomitmen pada target yang hanya diturunkan kepada mereka oleh manajemen.
4. Realistic Targets
Target bersifat realistis jika konsisten dengan rencana dan tujuan organisasi, dalam lingkup tanggung jawab individu, dan dalam keterampilan dan kemampuan individu. Kadang-kadang, individu atau kelompok harus dicegah untuk mengambil tujuan yang berada di luar kemampuan mereka atau yang tidak dapat dicapai dengan sumber daya yang tersedia.