Mohon tunggu...
Anthony Bryan Vernico Sany
Anthony Bryan Vernico Sany Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Ad Maiorem Dei Gloriam

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kekeluargaan dan Solidaritas yang Berawal dari Game

8 Maret 2021   14:44 Diperbarui: 8 Maret 2021   15:23 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CKLFh6uhlJO/ )

Pada tanggal 27 Februari 2021 yang lalu dalam rangka melakukan analisa sosial, saya melakukan pertemuan secara tatap muka dan melayangkan beberapa pertanyaan untuk komunitas game yang bernama Genesis Roleplay Indonesia. Saya bertemu dengan 6 anggotanya yang dimana terdiri dari 1 founder yang bernama Devara, 2 admin yang bernama Ayase dan Pace, serta 3 anggota yang bernama Baba, Atta, dan Elsia. Game kini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita bukan hanya sekedar sebatas hiburan saja, dengan game kita bisa menghasilkan uang dan juga menjalin relasi dari game yang kita mainkan secara daring. Menurut saya komunitas game ini sangat menarik guna dilakukannya analisa sosial. Kebetulan founder dari Genesis Roleplay Indonesia yaitu Devara merupakan kolega saya dari bangku SMA, sehingga ketika saya meminta melakukan analisa sosial di komunitas nya dengan senang hati dipersilahkan oleh Devara. Ketika saya bertatap muka langsung dengan komunitas Genesis Roleplay Indonesia situasi hangat terasa sekali di antar anggotanya. Saya pun juga di sambut dengan ramah oleh mereka. Hal menarik yang membuat saya melakukan pertemuan tatap muka karena para anggotanya ternyata berasal dari berbagai daerah. Ada yang berasal dari Bandung, Tanggerang, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Ini baru sebagian anggotanya yang saat itu kebetulan sedang melakukan liburan ke Yogyakarta, sebenarnya anggota lainnya tersebar luas di daerah-daerah Indonesia. Mereka menjelaskan bahwasan nya Genesis Roleplay Indonesia ini bukan hanya sekedar komunitas game saja melainkan sudah seperti keluarga bagi mereka. Semua bermula dari game, mereka berkenalan melalui sebuah game, lalu melakukan komunikasi yang intens lewat media Discord dan chat group di media sosial lainnya. Dari komunikasi mereka yang bermula dari game lama kelamaan menjalar ke komunikasi interpersonal di antara mereka sehingga pembahasan mereka tidak hanya seputar di dalam dunia game GTA Roleplay saja. Hal ini terbukti dari liburan yang mereka lakukan bersama-sama ke Yogyakarta. Saya melihat kedekatan mereka terbawa sampai ke dunia nyata, ini terbukti ketika mereka bersenda gurau ketika di seling-seling wawancara. Mereka mengutamakan asas kekeluargaan dalam Genesis Roleplay Indonesia, sehingga bilamana ada konflik di dalamnya mereka akan menyelesaikan secara musyawarah mufakat. Ini menarik ketika komunitas game yang menurut saya hanya sebagai teman main bareng, ternyata bisa sampai menjadi keluarga. Ke solidan mereka tidak hanya tergambar di dalam game saja, namun mereka juga ternyata merencanakan liburan bersama-sama berikutnya ke Malang untuk bersenang-senang bersama dan menunjukan kekeluargaan mereka yang bisa sampai ke dunia nyata. 

Saking ramahnya mereka, saya sampai diajak bergabung bersama Genesis Roleplay Indonesia untuk bermain bersama dalam game GTA  Roleplay. Saya sendiri senang dan tidak sabar menunggu momen tersebut. Dinamika yang saya bayangkan sangat asik ketika mereka bercerita tentang isi dari game tersebut. Komunitas mereka menurut saya sudah cukup besar, karena mereka memiliki anggota yang cukup banyak di dalam Genesis Roleplay Indonesia dan juga server mereka menjadi yang teratas di Indonesia sebagai rujukan masuk ke kota di dalam game GTA Roleplay. Mereka juga mengeluarkan kocek yang cukup besar dari awal hingga perbulan nya untuk mengembangkan kota dari Genesis Roleplay Indonesia. Selain itu mereka juga mengadakan sebuah kontes konten game GTA Roleplay dengan total hadiah pemenang yaitu sebesar Rp 1.000.000 rupiah. Sangat menarik ketika game juga mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk menjadi yang terbaik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun