Mohon tunggu...
Bryan Jati Pratama
Bryan Jati Pratama Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Author of Rakunulis.com

Qu'on s'apprête et qu'on part, sans savoir où on va

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Untuk Sahabat yang Pergi Lebih Dulu

5 Juli 2019   21:32 Diperbarui: 18 Juni 2021   12:08 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
mistyskyblog.wordpress.com

Aku harus bagaimana, jika terlanjur terpaut pada luka. Darah pun sudah bercucuran, sekian tahun lamanya.

Miskin itu tidak enak, Nak. Namun tetap masih lebih baik dari berjualan kata-kata. Jangan kau jilati ludahmu. Nasehat emakku dulu.

Dan miskin memang tidak enak, Mak. Seperti aku sekarang ini. Makan tak tetap dan hidup terlunta. Dibuntuti maut di mana-mana.

Tiap pagi maut menyapa. Dalam lapar dan dahaga. Dalam sakit dan derita. Dalam nasib dan air mata.

Beramah ramah disini, Mak. Bagaikan menggarami samudera. Baru aku tahu. Senyuman tak laku di tanah rantau.

Duniaku dicekam malam semua. Egoisme merasuki benda-benda. Lampu kota dibuat tinggi-tinggi. Memberi hangat pun ia tak sudi.

Hingga aku sakit parah. Benar benar sakit rasanya, Mak. Seperti tulangku dihancurkan dari dalam. Siang malam menggigil kedinginan.

Lalu aku pulang dalam dekapan rindu. Engkau manjakan aku. Seperti masa kecilku dulu. Kau tahu tanganku tak kuat lagi. Maka aku engkau suapi.

Dalam nafas terakhir anakmu, Mak. Sudah tentu pasti. Mengeluh tak punya arti. 

Dua jam sebelum kematianku. Engkau tanyakan. Nak, apa yang kau mau?

Dua jam sebelum kematianku.
Aku ingin menangis, Mak. Dalam pelukmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun