Game online merupakan sarana hiburan yang dapat digunakaan oleh anak-anak, Â remaja sampai orang dewasa. Dunia game online sangat luas dan memiliki jumlah pemain yang sangat tinggi di seluruh dunia. Meskipun kita secara alami mengaitkan dunia game online dan kesenangan, sayangnya ada kriminal dunia maya yang mengambil keuntungan dari pola pikir.
Pandangan utama tentang game online telah menjadi kurang baik dalam beberapa tahun terakhir, kita tidak lagi memikirkan game online sebagai iblis jahat yang mengerikan yang mencoba merusak anak-anak kita. Namun, sebagai besar orang tua masih melihat game online sebagai pengaruh negatif pada anak-anak. mereka pikir itu perlu dibatasi dan mereka pikir itu bisa mengarah pada masalah seperti kemalasan dan apatis.
Dalam psikologi perkembangan, mungkin ada agenda politik yang tidak disengaja yang mendasari banyak teori yang diterima. Apa yang kita anggap "sehat"  tampaknya merupakan pengembangan kepribadian yang berakulturasi  yang beresonasi sesuai dengan pandangan norma tertentu.
Apakah game online sehat? itu tergantung pada bagaimana kita secara klektif mendefinisikan "kesehatan". Â Penelitian Dr. Prybylski menggunakan metode kuesioner SDQ (kekuatan dan kesulitan kuesioner) yang dapat diterima secara luas untuk mengukur masalah internalisasi, perilaku prososial, dan kepuasan hidup. Ia menemukan bahwa dalam beberapa kasus, permainan itu bermanfaat.Â
Dibandingkan dengan non-pemain anak-anak yang biasanya menginvestasikan kurang dari sepertiga waktu bebas harian mereka menunjukkan tingkat perilaku prososial yang lebih tinggi dan kepuasan hidup dan tingkat masalah perilaku yang lebih rendah,hiperaktif, masalah teman sebaya, dan gejala emosional.
Penelitian yang menunjukkan bahwa game online dapat mempengarui anak-anak. Pembelajaran berbabis game mengasuh keterampilan metakognitif (kemampuan berpikir tentang pemikiran anda sendiri). Masyarakat secara keseluruhan menghargai keterampilan metakognitif dan karenanya menganggap pengembangan keterampilan ini menjadi baik.
Namun, jangan biarkan anak-anak anda bermain game sepanjang hari. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih dari setengah waktu luang harian mereka ( bermain game online) menunjukkan penyesuaian yang lebih negatif. Selama anak-anak bermain tiga atau kurang jam sehari semuanya bisa baik-baik saja. Tapi pergilah lebih dari tiga jam dan semuanya berubah, dibandingkan dengan non-pemain, para pemain ini melaporkan tingkat yang lebih tinggi dari masalah eksternalisasi dan internalisasi dan tingkat perilaku prososial yang lebih rendah dan kepuasan hidup
Apa arti semua ini? sebagaian besar, itu memberitahukan kita bahwa sebagaian besar asumsi umum kita tentang cara bermain game mempengaruhi psikologi anak berpotensi salah. Mereka didasarkan pada semacam fanasi moral yang tidak selalu selaras dengan cara-cara empiris dimana kita memandang dunia.
Orangtua perlu mempertimbangkan kembali pendekatan mereka terhadap media elektronik. Pendekatan moralistik yang buruk dan baik ini mungkin nyaman, tetapi tampaknya juga tidak sesuai dengan jenis keterampilan berpikir kritis yang kita anggap sebagai kepetingan terbaik anak-anak. Kami bersikeras bahwa mereka belajar untuk merasa nyaman dengan beberapa tingkat ambiguitas.
Penulis : Brian Putra Nugraha (Mahasiswa Ilmu Komunikasi  / Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H