Mohon tunggu...
Bryan ChristianHan
Bryan ChristianHan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNPAR

Olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Gladi Hominisasi

23 Oktober 2022   16:39 Diperbarui: 23 Oktober 2022   16:42 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat itu saya dengar teman saya sedang membicarakan suatu gladi, saya tidak tahu apa itu gladi. Lalu saya bertanya kepada teman saya apa itu gladi.  Saat itu kuliah Arsitektur sedang padat padatnya, diserbu dengan berbagai tugas maket beserta revisinya, awalnya saya ragu karena berpikir bahwa gladi hanya akan menambah beban saja. Ternyata gladi itu wajib dan penting untuk membantu saya berkuliah. Lalu saya bergegas mengisi pendaftaran gladi. 

Beberapa hari sebelum hari H gladi, ternyata kita diberikan tugas untuk membantu mempersiapkan diri untuk gladi hominisasi. Tugasnya yaitu kita diberikan 10 pilihan film untuk kita tonton dan kita jadikan panduan untuk mengisi beberapa pertanyaan yang diberikan. Film yang saya pilih itu yang ada chef junanya. Lalu tibalah hari H gladi hominisasi, kurang beruntungnya saya saat acara gladi dimulai. Saya bangun kesiangan, acara gladi dimulai jam 08.00 WIB, saya bangunnya jam 08.07. 

Saya panik lalu bergegas menyiapkan untuk join zoomnya. Untungnya masih sempat dan diterima masuk zoom, saya mengikuti dri awal zoom hingga akhir zoom dengan baik. Berpresentasi dengan baik didepan banyak orang walaupun memang belum sebagus yang lain namun saya cukup puas dengan hasil orang lain. Acara berjalan dari jam 08.00 - 13.00 WIB. Pas sekali selesai zoomnya pada jam makan siang.(1)

Refleksi dan manfaat  yang saya dapat dari gladi hominisasi yaitu Saya belajar banyak dari gladi ini. Terutama dengan belajar bekerja sama dengan orang yang baru saya kenal, belajar berbicara didepan banyak orang ataupun public speaking. Saya juga belajar bahwa ketika pertemuan online, kita jelas harus menghargai orang yang sedang berbicara dengan menyalakan kamera lalu memperlihatkan dari atas kepala sampai pundak agar terlihat jelas pembicara sedang berbicara ke siapa. Lalu me mute kan mikrofon kecuali ketika sesi bertanya atau ditanya pembicara.(2) (4)

Menurut saya kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara itu wajib. Sebagai manusia saja, 2 hal itu merupakan suatu hal dasar yang dimiliki manusia. Sebagai warga negara kita jelas harus mahir dalam menggunakan logika dan bahasa. Dengan logika kita bisa berpikir logis dan kritis, sehingga bisa membedakan mana yang benar dan salah dan mengetahui segala hal yang ingin kita ketahui berdasar pikiran kita sendiri. Lalu dalam berbahasa kita juga jelas harus mahir, karena bahasa adalah alat komunikasi utama dalam berkehidupan terutama kehidupan berbanga dan negara.(3)

Kemampuan baru yang saya dapat dari gladi ini cukup banyak dan berguna juga, terutama untuk kehidupan kuliah kedepannya. Berpikir dengan logika yang lebih baik, cara menghargai orang dengan baik agar kita juga layak dihargai oleh orang lain. Lebih percaya diri untuk berbicara didepan banyak orang. Dan semoga kedepannya saya bisa lebih disiplin, tidak telat bangun seperti saat hari H gladi. (5)           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun