Mohon tunggu...
Novi Triwanto
Novi Triwanto Mohon Tunggu... Perawat - Ners

Digitalisasi Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Digitalisasi Rumah Sakit untuk meningkatkan Pelayanan Kesehatan

1 November 2024   07:50 Diperbarui: 1 November 2024   08:03 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 https://aptika.kominfo.go.id/

Teknologi dan sistem informasi telah berkembang pesat di era digital ini. Perkembangan ini dinilai telah memudahkan manusia dalam mengerjakan tugasnya, yang awalnya dikerjakan secara manual sekarang dapat dengan mudah dikerjakan melalui Personal Computer (PC).

Perkembangan teknologi dan sistem informasi banyak dibutuhkan di perusahaan bahkan rumah sakit. Bukan hanya rumah sakit milik pemerintah melainkan rumah sakit swasta juga ikut berlombalomba menggunakan sistem informasi dalam membantu tugasnya. 

Sistem pelayanan, teknologi informasi dan komunikasi yang memadai dan optimal sangat diperlukan untuk menunjang peningkatan mutu dan pelayanan rumah sakit. Contohnya adalah layanan telemedis, sistem informasi manajemen rumah sakit, dan rekam medis elektronik.

Perkembangan ini disambut positif oleh masyarakat, terutama dengan popularitas layanan telemedis yang semakin meningkat. Hal ini mendorong munculnya lebih banyak perusahaan aplikasi telemedis. Pemerintah juga telah menetapkan strategi transformasi digital kesehatan di Indonesia untuk mendukung perkembangan ini.

Aspek penting digitalisasi rumah sakit

Salah satu kunci dalam menghadapi tuntutan era modern dalam pelayanan kesehatan adalah manajemen digitalisasi rumah sakit. Transformasi digital tidak hanya memperbarui cara rumah sakit mengelola data, tetapi juga mengubah cara mereka memberikan pelayanan kepada pasien.

Berikut adalah beberapa aspek kunci peran penting digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan pasien:

1. Efisiensi operasional

Dengan digitalisasi, manajemen rumah sakit dapat meningkatkan efisiensi proses administrasi, penjadwalan, dan pengelolaan sumber daya. Sistem terintegrasi secara digital dapat mengurangi waktu tunggu pasien, mempercepat proses pendaftaran, dan mengurangi kesalahan administrasi.

2. Pengelolaan data pasien

Dengan digitalisasi, rumah sakit dapat menyimpan dan mengelola data pasien secara elektronik. Ini memungkinkan akses cepat dan akurat terhadap riwayat medis pasien, diagnosis, dan rencana perawatan. Informasi yang mudah diakses membantu tenaga medis memberikan perawatan yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan pasien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun