Â
Formula one telah dikenal di seluruh dunia. Formula one merupakan ajang balapan internasional tercepat dan paling menarik yang diadakan setiap minggunya, dimana dengan lebih dari 20 balapan Grand Prix di lebih dari 20 negara setiap tahunnya (funfactsabout.com) Para pembalap dan timnya bersaing di lintasan balap atau sirkuit di seluruh dunia, memperebutkan gelar juara dunia dan mendapatkan tempat dalam sejarah olahraga. Â Dunia formula one adalah dunia yang memacu adrenalin dan tak terlupakan. Formula one memakai mobil balap yang dimana bisa mencapai kecepatan 360 km per jam. Tidak hanya itu, mobil yang dipakai pembalap merupakan mobil balap yang berkonfigurasi 1.6 Liter V6 engine dengan pengurangan bahan bakar. Pada mobil Formula One bervariasi karena setiap tim memiliki kebebasan untuk memilih chassisnya dan juga untuk mendesainnya.
      Dulunya ajang ini bernama European Championship of Grand Prix Motor Racing yang sudah ada sejak tahun 1920 sampai 1930-an. Secara resmi ajang balap Internasional ini berganti nama menjadi Formula One pada tahun 1946 sebagai Kejuaraan Dunia Formula One oleh Federation Internationale de I'Automobile (FIA). Ajang pertama seharusnya dilaksanakan di Turin, Italia, pada tahun yang sama (otoklix.com). Namun, adanya perang dunia saat itu sehingga lintas balap ini berhenti sementara. Empat tahun kemudian di tahun 1950, ajang balap Formula One kembali diselenggarakan di Silverstone, Inggris. Sejak itu, Formula One telah mengalami pertumbuhan pesat, menjadi pusat inovasi teknologi dan keunggulan atletik.
      Sistem kualifikasi digun (Mustajab, 2023)akan untuk menentukan urutan balapan. sistem ini dibagi menjadi tiga sesi, Q1, Q2, dan Q3. Dalam setiap sesi, para pembalap mencetak waktu putaran dan mencoba untuk naik ke sesi selanjutnya, dengan pembalap yang terlambat atau dikeluarkan dari kualifikasi di akhir masing-masing sesi. Para pembalap diperbolehkan memutari trek sebanyak yang mereka inginkan dalam suatu sesi. Setelah masing-masing sesi selesai, waktu putaran diatur ulang dan hanya waktu tercepat dari masing-masing pembalap yang dihitung. Jumlah pembalap yang dikeluarkan dari masing-masing sesi tergantung dari jumlah mobil yang masuk dalam kejuaraan. Saat ini, dengan 20 mobil, Q1 digelar selama 18 menit dan mengeliminasi 5 pembalap terlambat. Selanjutnya, para pembalap memiliki waktu 15 menit di Q2 untuk mencetak salah satu dari 10 waktu tercepat dan maju ke sesi berikutnya. Q3 berlangsung selama 12 menit. Pada awal musim 2016, diperkenalkan sebuah sistem kualifikasi di mana pembalap yang terlambat akan dieliminasi setiap 1 menit 30 detik setelah jangka waktu tertentu di setiap sesinya.. Sistem ini kemudian ditinggalkan setelah hanya dipakai untuk dua balapan pertama musim itu (rtrsports.com).
Balapan dimulai dengan putaran pemanasan, setelah itu mobil  kembali dengan urutan yang sesuai urutan yang telah ditentukan waktu kualifikasi sebelumnya. Putaran pemanasan memungkinkan pembalap untuk mengecek kondisi trek dan mobil mereka, memanaskan ban untuk menambah cengkeraman, dan juga memberi waktu untuk para kru pit untuk keluar dari trek. Para pembalap diperbolehkan untuk menyalip satu sama lain selama berlangsungnya balapan. Jika pemimpin balapan menghampiri pembalap backmarker (yang lebih lambat) yang baru menyelesaikan lebih sedikit putaran, pembalap backmarker tersebut akan diberikan sebuah bendera dan diberitahu bahwa mereka harus memperbolehkan pemimpin untuk mendahului mereka. Selama lomba berlangsung, pembalap dapat melakukan satu atau lebih pit stop untuk melakukan penggantian ban atau komponen yang rusak. Tim dan pembalap masing-masing akan memakai strategi pit stop untuk memaksimalkan potensi mobil dan memenangkan balapan. Salah satu bagian paling penting dari strategi ini adalah pit stop out lap dan memastikan pembalap kembali ke jalurnya dalam ruang sebanyak mungkin, dibandingkan harus bertempur di tengah-tengah kelompok (motorsport.com).
Pit stop adalah satu dimensi balap F1 yang paling menarik karena proses pergantian bannya. Formula one biasanya memiliki tiga ban jenis kering dan juga dua jenis ban basah. Kru pit dan tim elit menjalankan prosesnya dengan sangat baik sehingga mereka dapat mengganti satu set ban sepenuhnya dalam 3 detik. Ada rekor yang dicapai pembalap dengan mengganti keempat ban hanya dalam waktu 1,80 detik. Selain itu, pembalap tidak hanya menancapkan gas untuk mencapai titik kecepatan yang diinginkan, tetapi ada strategi juga yang harus dilakukan. Maka dari itu, pemikiran antara pembalap dan tim harus sejalan karena itu merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan waktu balapan. DRS atau biasa dikenal dengan Drag Reduction System merupakan salah satu strategi efektif untuk menambah kecepatan dikarenakan juga DRS berfungsi untuk menambah kecepatan dengan menambahkan kecepatan pada sayap belakang mobil. Cara kerjanya ketika pembalap berada dekat dengan pengemudi di depan, dengan menekan salah satu tombol pada setir  mobil, sayap belakang mobil akan terbuka untuk mengurangi hambatan dan meningatkan kemampuan menyalip(kompasiana.com).
      Bendera catur kotak kotak adalah bendera yang paling ditunggu tunggu pembalap karena menandakan berakhirnya balapan. Namun, selama balapan berlangsung tidak menutup kemungkinan tidak akan terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, pihak FIA memberikan beberapa bendera untuk memberitahukan kepada pembalap apa yang  harus dilakukan. Salah satu bendera yang sering dilihat adalah bendera kuning, menandakan tanda bahaya, dimana pembalap harus mengurangi kecepatannya karena ada mobil berhenti atau sesuatu yang mengganggu jalan (kompasiana.com). Adapun bendera merah merupakan bendera yang paling serius karena menandakan sesi balapan sementara dihentikan akibat kecelakaan maupun cuaca ekstrim yang tidak memungkinkan balapan berlangsung.
      Sebuah sirkuit biasanya memiliki sebuah bagian jalanan lurus tempat starting grid. Pit lane tempat di mana pembalap berhenti untuk mengganti ban, penyesuaian aerodinamika, dan perbaikan-perbaikan kecil selama balapan dan tempat tim bekerja sebelum balapan dimulai, umumnya berada di samping garis start. Tata letak masing-masing sirkuit berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Umumnya sirkuit yang dipakai menggunakan arah searah jarum jam. Sirkuit yang memakai arah berlawanan dengan arah jarum jam dapat menyebabkan masalah pada leher pembalap karena gaya yang ditimbulkan oleh mobil-mobil F1. Kebanyakan sirkuit yang digunakan sekarang ini adalah sirkuit yang khusus dibuat untuk kompetisi F1.
      Jika terjadi sebuah insiden yang dapat membahayakan keselamatan para pembalap, pengarah balapan dapat memilih untuk mengeluarkan mobil keselamatan atau safety car. Mobil ini menunda balapan, dan para pembalap harus mengikuti mobil keselamatan. Para pembalap dilarang saling mendahului. Mobil keselamatan akan memperlambat laju mobil sehingga memberi waktu pada para kru penyelamat membereskan insiden tersebut. Pembalap diperbolehkan masuk ke pit dalam periode mobil keselamatan. Safety car pertama kali di balapan Formula one pada tahun 1973, namun baru pada Grand Prix Brazil pada tahun 1993 mobil tersebut diperkenalkan secara resmi oleh olahraga tersebut (motorsport.com).
Selama bertahun tahun berbagai tim datang dan pergi dari Formula One. Pada tahun 2023, tim dan pembalap saat ini ada 10 konstruktor, antara lain Ferrari, Red Bull Racing, Marcedes AMG Petronas, Alpine, McLaren, Alfa Romeo, Aston Martin, Haas, Alpha Tauri, dan Williams. Setiap konstruktor dari mereka mengeluarkan 2 pembalap yang harus bersaing dengan konstruktor lain di lintasan balapan. Panjang lintasan formula one selalu 305 km dengan pengecualian Grand Prix Monaco. Hal ini memunginkan setiap balapan Formula One diselesaikan dalam waktu kurang lebih 2 jam. Adapun format balapan yang diadakan setiap minggunya, diawali di hari Jumat ada free practice diikuti dengan kualifikasi di hari Sabtu dan balapan utamanya pada hari Minggu.
Kejuaraan pembalap pertama kali diberikan pada tahun 1950, kepada Giusppe Farina. Pembalap pertama yang memenangkan beberapa kejuaraan adalah Alberto Ascari. Juara dunia saat ini adalah Lewis Hamilton yang memenangkan gelar ke-6 nya pada tahun 2019 (dataindonesia.id). Pada Grand Prix musim 2023, Max Verstappen telah mengunci gelar juara dunia pada tahun 2023. Pembalap  dari Belanda yang berkonstruktor dengan Perusahaan Red Bull Racing telah memenangkan 13 balapan di tahun ini. Walau demikian, Michael Schumacher dan Lewis Hamilton masih berada di posisi teratas dalam pemilik juara Formula One terbanyak sepanjang Sejarah.