Mohon tunggu...
Brian Prasetyawan
Brian Prasetyawan Mohon Tunggu... Guru - Guru SD, Blogger

Generasi '90an, Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI, Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional, Menulis 3 buku solo & 14 buku antologi, Pernah menulis puluhan artikel di Media Cetak Ngeblog juga di www.praszetyawan.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 CGP Angkatan 10

4 Mei 2024   23:53 Diperbarui: 26 Mei 2024   08:35 3134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjelang berakhirnya modul 1.3, Kembali saya membuat tulisan jurnal refleksi dwi mingguan. Jurnal refleksi dwi mingguan untuk mengulas kembali apa saja yang dilakukan dan didapat selama dua minggu terakhir. Kemudian berbekal dari ulasan tersebut, saya melakukan refleksi agar kedepannya dapat melakukan perbaikan diri.

Saya membuat refleksi menggunakan model 4F (1. Fact; 2. Feeling; 3. Findings; dan 4. Future). Dalam Bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa; 2. Perasaan; 3. Pembelajaran; dan 4. Penerapan).

Facts (Peristiwa)

Modul 1.3 membahas tentang Visi Guru Penggerak. Diawali dengan mulai dari diri tanggal 25 April 2024. Terdapat 3 pertanyaan yang menuntun saya untuk memahami apa itu visi. Hal menarik dari bagian mulai dari diri adalah pertanyaan no 1 yang meminta peserta membuat gambar imaji murid masa depan. Tugas membuat gambar ini cukup menjadi tantangan bagi saya karena pada dasarnya saya kurang pada bidang menggambar/membuat desain gambar. Namun saya harus berusaha dan akhirnya dapat membuat gambar tersebut

Kemudian berlanjut ke eksplorasi konsep. Saya membaca materi dan menyaksikan video. Dua hal inti dari materi tersebut yaitu inkuiri apresiatif dan BAGJA.

Ruang kolaborasi melalui google meet dilaksanakan pada 29 April dan 2 Mei 2024. Saya dan teman-teman memperdalam BAGJA dengan berlatih mengisi kanvas BAGJA.

Pada 2 Mei juga saya melaksanakan pendampingan individu pertama (PI 1) dengan pengajar praktik Bapak Mustafid. PI 1 berjalan cair dan lancar. Kami mengulas Kembali pemahaman yang didapat pada modul 1.1 dan 1.2. Saya juga menunjukkan aksi nyata modul 1.1 dan 1.2 yang terdapat portofolio digital saya.

Feelings (Perasaan)

Jujur saya merasa bingung pada konsep BAGJA. Saya bingung membedakan pembuatan pertanyaan pada setiap tahap BAGJA.  Namun dengan tugas pada ruang kolaborasi, pelan-pelan saya memahami makna setiap tahap BAGJA. Namun saya merasa senang karena mendapat  pencerahan. Untuk pertama kalinya saya benar-benar memahami apa itu visi dan bagaimana konsep membuat visi.

Findings (Pembelajaran)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun