Mohon tunggu...
Brandon Faith
Brandon Faith Mohon Tunggu... Lainnya - nganggur

hobby otomotif

Selanjutnya

Tutup

Trip

Bukan School Trip yang Biasa

18 Juni 2024   21:06 Diperbarui: 18 Juni 2024   21:49 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Bukan School trip yang biasa, gak nyangka kalo HOB perusahaan gede juga loh; awalnya gua liat di sosmed kalo kelas lain masuk pabrik yakult, gua kira: ya gampang lah bikinnya kalo di pabrik yakult, tapi, cuman auditorium doang, bosen lah ya, gak kayak HOB, HOB itu tournya di kebun, di kolam, sampe tempat proses packaging HOB juga di kasih liat! tapi HOB banyak kerjanya juga kayak pabrik yakult, jadi overall mirip juga kali ya? -Brandon

sehari sebelumnya, gua udah siapin tas gua sama isinya, jadi skip preparation. Mulai experiencenya dimulain dengan bangun tidur, timernya 4:45, bangunnya 4:50an, udah siap-siap semuanya, tapi, ternyata pas mau nyalain mobil..., mobil bapak gua mati! yah ternyata akinya soak, gua rekamin momen pas bapak gua lagi duduk wa sama teknisi bengkelnya. Awalnya kita mau pesen grab, tapi grab sepi kalo kepagian, jadinya pake bluebird, tapi, ya masih telat. bapak gua kabarin ke guru gua kalo gua bakal telat, jadi 1 bus nunggu sampe gua dateng juga, puji Tuhan gak ketinggalan, inget, doa sama Tuhan.

Pas semua udah dateng, busnya langsung gas, ada beberapa orang juga yang gak masuk gara-gara sakit, masih belom tau kenapa yang lain gak dateng juga. gara-gara telat naik bus jadi duduknya dibelakang pojok, karena gua tipe orang suka didepan, gua diem aja sampe udah tiba di tempat tujuan, agak lain sih ya.

Akhirnya sampe ke tempatnya, "House of Bread", HOB. Tempatnya ada minimarket sama resto,marketnya tutup, jadi no intro buat marketnya, buat restonya bagus juga design meja kursinya, ntar balik lagi ke restonya, habis nongkrong di resto, mulai eventnya di auditorium, buat memulai jurnal ini yang gua bikin, disuruh siapin buku note buat jadi jurnal, dan disuruh buat sebagian dari experiencenya.

Buat tour pertama, HOB introduksi greenhousenya, greenhousenya ada 2 pintu biar aman dari serangga; greenhouse yang gua masuk ada tempat pot yang normal sama ada yang kayak rak jemuran! namanya: "A-Shape", ada pot-pot kecil di tempat potnya namanya "Handpot", biasanya kalo tanaman pake tanah udah wajar, tapi HOB pake "rock-wool" dan sekam, gua diliat-liat setiap potnya ada namanya juga, jadi bayangin punya sekitar 50 anak! disebelahnya ada tanaman lain yang di taro diluar karena warnanya beda sama daun, serangga kirain bukan sayuran jadi dicuekin sama serangga, plus bentuknya kayak bunga juga katanya, yang masuk greenhouse itu daun asia, yang diluar itu daun salad. ada daun oak leaves sama red oak leaves, daunnya merah-merah unik, petugas HOB bilang kalo daun ada merah-merahnya nandain kalo daunnya anti-kanker! next, ke kolam ikan, ada ikan nila juga di area selanjutnya. Ada sistem juga yang HOB pake, namanya: "Bioflok", buat tiap kolam, HOB nyimpen kuantitas ikan nila sampe lebih dari seribu ekor! ikan nila yang di kolam juga buat dijual buat dimakan dagingnya! buat prosesnya, bakal di bahas juga nanti! next, kita ke kebun, gua juga ngelewatin pohon-pohon buah kayak nangka, durian, jambu, seterusnya. tanah sekeliling akar pohonnya ditutupin karung biar dapet cahaya yang secukupnya. HOB juga pake sistem dipohon, namanya "Drip" sistem. Sistemnya ngasih air secukupnya, jadi pohonnya dapet cahaya sama air secukupnya. sebelah kebunnya ada sapi sama domba. kotoran domba sama sapinya disemprot cairan buatan daur ulang dari tanaman yang namanya "Eco-Enzyme",Eco-Enzyme itu ngurangin bau kotorannya biar gak bau sampe kebun sebelah bahkan sampe pohon. habis itu liatin sayuran lain, HOB nyimpen kantong kecil isinya cairan kuning yang gua gak tau apaan airnya, kantongnya jadi kamoflase soalnya serangga kirain buah. dan ada sayuran yang katanya nutrisinya sebanyak 1 porsi makan, namanya: "Kale", a.k.a.: "Queen of Vegetables". Nutrisinya lengkap banget, sampe dibilang: kalo males minum susu atau lactose intolerant, penggantinya jadi kale! next, ke ruang kemas! biar bisa dijual daging ikannya, ada prosesnya. Ada area sisik, buat nyopotin sisik- sisiknya ikan; area buang dalaman ikan, biasanya buat buang jeroan ikan; dan area cleaning, bersihin dagingnya sampe ikannya gak amis, habis udah selesai prosesnya, langsung ke ruang vaccum, ikannya dikemas tapi divaccum biar bakterinya gak numbuh, habis itu tinggal taro di freezer, habis itu tinggal dijual. Selain ikan, ada ruang packing buat sayur sama buah, tempatnya packing sayur sama buah pake box khusus, tapi, bukan cuman dipacking doang, tiap sayur dan buah dicek, kalo ada yang kurang bagus, bakal di daur ulang jadi pupuk buah atau sayuran itu, kalo nggak, di jadiin Eco-Enzyme; terakhirnya ada bakery, lagi tutup, tapi katanya kuenya enak banget! jadi penasaran sih rasanya. Akhirnya istirahat, pas udah deket auditorium, kita lewat kolam ikan koi, ada yang kepalanya orange, badannya orange, kalo nggak orange, 1 badan warnanya emas! kaget juga pas denger kalo dijual size segede tangan ke sikut harganya 1 juta! habis itu balik ke auditorium buat istirahat (tour selesai), pas udah selesai istirahat langsung belajar agribisnis, gua gak paham apa yang dibilang sih, tapi ini yang gua inget: Perbedaan freezer dan "Blast Freezer", intinya sih cuman 1, blast freezer lebih cepet, soalnya, suhu ruangnya 2x lebih dingin, katanya dipake kalo lagi buru-buru mau dijual; tentang: "intergrated farming". ceritanya HOB gak buang semua sisa, mau sampah, kotoran, seterusnya, didaur ulang sampe jadi pupuk atau Eco-Enzyme. habis udah selesai, istirahat lagi! kali ini di resto, udah disiapin makanan juga sama team HOB, saingannya ayam keprabon sih ini soalnya enak juga. habis itu balik ke auditorium lagi, kali ini maen game riddle. agak lain sih buat solusinya, tapi seru-seru aja. Buat Final Gamenya, disuruh bawa tas soalnya buat gamenya disuruh tangkep ikan di kolam, paling banyak tangkep menang! adunya sama SMA. ngakak nangkepnya sampe harus pake baju buat nangkep ikan wkwk. Akhirnya pulang, dikasih bayam sama ikan yang di tangkep juga pas mau ke HOB, lagi otw pulang, maen lagu doang, gak beda banget sih kayak pas lagi otw ke HOB, at least gua gak sendiri banget. akhirnya udah di sekolah, dijemput sama bapak gua. otw pulang udah keliatan kalo ikannya lagi sekarat, ada yang aneh nih. pas udah pulang ikannya dipindain ke toples baru, pake air baru, udah dikasih makan tapi kekenyangan kali, gua namain ikannya: "Mas. Eko", kirain sehat, tapi, besoknya, ikannya mati. gak tau juga kenapa kok bisa mati, tapi mungkin ada alasannya, apa harus air yang bersih banget? malem itu di hari emak gua baru tau ikannya mati, dia bilang: "dia kan ikan air bersih", apa jangan-jangan harus air dispenser? soalnya airnya air keran.

HOB udah jadi new memories buat gua selama di SMP, tapi endingnya sedih, ikan gua mati umur sehari doang.

Jadi semuanya seru di HOB, kalo dateng buat review pasti aktifitasnya seru! kalo mau beli produk HOB, belinya di app belanja kayak astro, sayurbox, happyfresh, sama segari, HOB sementara cuman jual di segari katanya, HOB packaging plastiknya mirip kayak yang lain perasaan. Tapi gua saranin coba review tempatnya bareng-bareng. bawa temen, keluarga, siapa aja. sekian dari gua, makasih!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun