Tulisan ini membahas tentang pemahaman psikologi dalam proses pembelajaran antara lain menyangkut pemahan tentang psikologi belajar, factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada siswa secara umum dan sekilas mengenai motivasi siswa dalam belajar yaitu ada motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Beberapa ahli mengemukakan, W.H Burton bahwa seseorang yang telah mengalami proses belajar akan mengalamim Perubahan tingkah laku baik dalam kebiasaan, kecakapan, atau sikap dan keterampilan sedangkan Morgan dan Wringkel mengatakan belajar itu adalah Perubahan tingkah laku yang diperoleh melalui pengalaman dan sebuah proses adaptasi yang berlangsung secara berkelanjutan.
Dapat disimpulkan bahwa seorang guru dapat belajar dari siswa dikelas tentang cara-cara yang dapat dilakukan untuk membantu siswanya, namun tidak semua ditumpukan secara keseluruhan kepada sosok seorang guru, hal ini dikarenakan minat tersebut dipengaruhi oleh berbagai factor yaitu internal,eksternal dan juga lingkungan
Di antara tanggung jawab guru adalah membantu siswa agar dapat belajar dengan baik dan memperoleh prestasi yang lebih baik. Makanya, siswa yang mengalami permasalahan dalam belajar menjadi tugas tersendiri bagi guru yang menangani dan menyelesekainnya. Di sinilah urgensi guru menguasai bidang psikologi pendidikan, yaitu pandai menerapkan prinsip dan pengetahuan psikologis demi membantu siswa yang memiliki karakteristik beragam untuk memperoleh pengalaman belajar yang maksimal dalam membangun kepribadian, kematangan, dan kedewasaan.rnPsikologi pendidikan adalah sebuah studi yang sistematis tentang psikologi yang membahas dan mempelajari anak didik dalam situasi dan lingkungan pendidikan. Pembahasannya mencakup proses belajar mengajar, terutama bagaimana seharusnya siswa belajar, guru mengajar, serta bagaimana proses belajar dan mengajar seharusnya dilaksanakan. Guru perlu menguasai aspek psikologi pendidikan karena dalam proses dan penerapan pembelajaran tidak pernah pernah sepi dari permasalahan, terutama rendahnya prestasi belajar siswa. Dengan demikian, psikologi pendidikan berperan penting dalam mendampingi dan membimbing guru dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran.
Pengertian Psikologi Belajar Menurut Para Ahli
Sementara itu, psikologi belajar menurut para ahli mengacu pada psikologi pendidikan. Adapun pengertiannya menurut para ahli adalah sebagai berikut.
1. Lister D. Crow dan Alive Crow
Ilmu pengetahuan praktis yang berusaha untuk menerangkan belajar sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan secara ilmiah dan fakta-fakta sekitar tingkah laku manusia.
2. W.S Winkel
Merupakan salah satu cabang psikologi praktis yang mempelajari syarat-syarat belajar di sekolah, ragam jenis belajar, dan fase dalam semua proses belajar.
Pentingnya Memahami Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Bagi Mahasiswa PGSD
Pentingnya Memahami Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Bagi Mahasiswa PGSD, Ilustrasi by Baiq anggun Maisarah
Kompasiana, Mahasiswa dan lulusan dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) harus memiliki kemampuan untuk mengelola proses pembelajaran, kemampuan mendidik dan interaksi mengajar dengan baik pada siswa.