Mohon tunggu...
Bozz Madyang
Bozz Madyang Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Food Blogger

#MadYanger #WeEatWeWrite #SharingInspiringRefreshing #FoodBlogger - Admin Komunitas Kompasianer Penggila Kuliner (KPK) Kompasiana - Email: bozzmadyang@gmail.com - Instagram/Twitter: @bozzmadyang

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Digital Kiosk, Efektifkah Memangkas Antrean?

23 Desember 2019   19:59 Diperbarui: 23 Desember 2019   21:27 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Digital Kiosk di Hokben Plaza Festival Kuningan, Jakarta. (Foto Bozz Madyang)

Digital Kiosk pasti sudah banyak yang tau. Itu semacam mesin antrean yang berfungsi, ya untuk memangkas antrean.  Perangkat berupa layar interaktif  touchscreen yang memungkinkan kita sebagai pembeli memesan secara self service. Pelayanan mandiri getu.

Biasanya di gerai makanan yang ramai, alias mengantre menggunakan mesin antrean ini. Jadi gak lagi harus repot mengantre di kasir. Aku sudah sering lihat di beberapa tempat khususnya gerai makanan. Seperti pernah beli minuman di Puri Indah Mall, Jakarta Barat.

Kemudahan dengan mesin antrean, Kiosk ini terwujud dengan lebih cepatnya layanan. Prosesnya memilih menu, order, bayar. Selesai. Tinggal tunggu orderan datang. Bayarnya kudu menggunakan kartu debit, kartu kredit dan semacamnya. Itu membuat transaski lebih simple, cepat dan tepat sesuai nominal.

Aku sudah coba. Terakhir di store Hokben di Plaza Festival, Kuningan, Jakarta. Mesinnya baru. Hanya dua store yang baru dipasangin Kiosk, plus Ambasador mall.  Ada dua mesin Kiosk. Letaknya sebelah kanan setelah  pintu masuk.

Ruangan Hokben di sini ada indoor dan outdoor. Cukup luas. Tentu saja mengakomodir pelanggan/ pembeli yang makan di Hokben ini. Jangan sampai gak dapat tempat duduk ya. Secara Hokben tuh selalu ramai. Ramai identik dengan antre. Jadi pass kalau Hokben memakai Kiosk.

Aku order menu bento special via KiosK. Mudah seeh karena tinggal ikutin petunjuk yang ada. Mulai dengan order. Bisa pilih makan di tempat atau  take away juga. Muncul tampilan menu. Semua menu yang tersedia di store ini, ditampilkan termasuk promo-promo yang sedang berlangsung, tanpa kecuali.

Terus tinggal bayar, klik checkout. Bayar pakai kartu debit menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) di sebelah perangkat Kiosk. Sudah tertera total nominal yang harus dibayar. Tinggal masukin PIN. Terakhir ada struk pembayaran yang keluar dari Kiosk (bagian bawah). Di situ tertera juga nomor order. Aku dapet nomor 26.

Tinggal tunggu. Ada layar monitor yang menginformasikan status pesanan. Jadi menunggu langsung cari tempat duduk menunggu panggilan dan ambil pesanan. Sesimple itu proses pesanannya.

Mesin EDC di Hokben Plaza Festival Kuningan, Jakarta. (Foto Bozz Madyang)
Mesin EDC di Hokben Plaza Festival Kuningan, Jakarta. (Foto Bozz Madyang)
Lalu seberapa efektif Digital Kiosk memangkas antrean?

Buatku order menggunakan Kiosk itu cukup simple dan cepat dengan catatan mesin Kiosk lancar tidak error. Terus pemesan juga sudah cukup ngerti caranya. Untuk yang baru pakai, tak butuh waktu lama untuk memahami caranya.

Dibanding dengan cara pembelian langsung saya menilai, KiosK lebih meringankan kita sebagai pembeli. Soalnya setelah pesan dari Kiosk, bisa langsung duduk di tempat yang dipilih. Tidak perlu menunggu sambil berdiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun