Website sudah menjadi media informasi yang sangat penting saat ini. Kini perlahan sudah hampir menyingkirkan berbagai media cetak seperti surat kabar bahkan buku bacaan sekalipun. Di website tersebut informasi apa saja, info grafis apa saja ataupun content apa saja bisa kita muat  didalamnya. Itu sebabnya, banyak orang yang memanfaatkannya tidak hanya sebagai media informasi saja, melainkan sebagai media promosi yang sangat efektif tentunya.
Banyak perusahaan yang sudah memiliki website, tujuannya agar konsumen dapat mencari informasi tentang perusahaan tersebut dengan mudah. Selain itu, perusahaan dapat memperkenalkan berbagai produk yang mereka miliki tak terkecuali produk baru mereka nantinya. Namun, persaingan usaha yang memiliki jenis usaha yang sama membuat peta persaingan untuk mendapatkan target pasar akan sulit tentunya.
Katakanlah 2 perusahaan berbeda yang menjual 1 produk yang sama akan bersaing mendapatkan market atau pangsa pasar di wilayah yang sama. Sama-sama memiliki website sebagai media informasi dan promosi produk yang mereka jual. Lantas bagaimana cara mendapatkan tempat agar masyarakat luas khususnya pengguna internet mengetahui dengan mudah produk yang dijual oleh kedua perusahaan tersebut?
Apakah dengan hanya bermodalkan website saja yang di desain dengan baik dengan tampilan yang menarik sudah cukup? Jawabnya tentu tidak. Â Website akan lebih mudah kunjungi dan diketahui melalui mesin pencarian seperti Google. Karena fakta nya 95% pengguna internet mencari informasi melalui search engine Google. Nah, untuk lebih mudah memahaminya silahkan simak contoh dibawah ini.
Example :
Budi ingin memiliki sebuah HP Samsung keluaran terbaru di daerahnya, yakni di Medan misalnya. Karena ia sudah mencarinya di counter dan marketplace namun tidak ada. Budi lantas searching di internet dengan membuka search engine Google. Lantas Budi pun mengetikkan kata kunci merk HP yang ingin ia cari. Misalkan saja "Samsung Z11" (misalnya), atau lebih detail nya "jual  samsung z11 di Medan". Nah, Google akan  memuat berbagai situs yang menjual atau memuat ulasan tentang z11 atau keyword yang relevan sesuai dengan kata kunci tersebut.
Ada situs A, B, C dan seterusnya yang menjual Samsung z11 di Medan yang dimuat Google pada halaman 1 dan seterusnya sesuai dengan urutan algoritma Google. Lantas Budi pun membuka urutan teratas website yang ditampilkan tersebut.Â
Nah, yang menjadi pertanyaan nya apakah Budi mau membuka website di halaman 2 atau tiga dan seterusnya sementara di halaman 1 juga ada yang memuat tentang jual Samsung z11? jawabnya tentu tidak bukan. bahkan semua orang akan mengklik atau membuka website yang ada di urutan teratas di halaman pertama Google. Lalu, bagaimana cara membuat website tersebut di urutan teratas atau page 1 Google? Apakah Google suka hatinya memuat website yang ingin ia tampilkan? Jawabnya TIDAK, karena website yang tampil di urutan teratas merupakan website yang di optimasi degan baik menggunakan teknik SEO yang benar.
Apa Itu SEO?
SEO adalah singkatan dari search engine optimization yakni strategi pemasaran online yang dilakukan oleh web master atau Pakar SEO untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Website akan tampil di halaman paling atas mesin pencarian dengan kata kunci (keyword) yang relevan.Â
Saat ini perusahaan-perusahaan besar memanfaatkan SEO sebagai strategi pemasaran mereka agar website yang mereka miliki dikenal luas oleh masyarakat. Menjadikannya website yang mampu tampil di halaman 1 Google saat dicari oleh pengguna internet. Sebagus dan semenarik apapun website yang anda miliki, semahal berapapun biaya harga pembuatan website yang telah anda keluarkan, jika website tersebut tidak di optimasi dengan teknik SEO yang benar, maka website yang anda miliki akan kalah bersaing dengan website kompetitor yang sudah mengoptimasi nya.