"Berikan aku 10 pemuda, maka niscaya akan kuguncangkan dunia!" pekik Bung Karno. Generasi muda motor penggerak dan perubahan suatu bangsa. Kemajuan suatu bangsa terletak di pundak generasi muda.
Mereka yang saat ini sedang menuntut ilmu di sekolah menengah atau jenjang universitas sedang mempersiapkan diri untuk mampu bersaing menciptakan lapangan pekerjaan, tak semata memburu bursa pekerjaan. Salah satu bidang yang ramai dituju kaum muda untuk merintis karir dan kesuksesan adalah ekonomi kreatif.
Sektor ekonomi kreatif yang dimaksud oleh Kemenparekraf RI meliputi 14 subsektor, yaitu: arsitektur, desain, fesyen, film video dan fotografi, kerajinan, kuliner, teknologi informasi, musik, pasar barang seni, penerbitan dan percetakan, periklanan, permainan interaktif, riset dan pengembangan, seni pertunjukan, televisi dan radio.
Ekonomi kreatif di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar untuk PDB. Â Berdasarkan data Focus Economy Outlook 2020, sektor ekonomi kreatif menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia pada tahun 2020.
Pemerintahan Joko Widodo sangat peduli terhadap perkembangan sektor ekonomi kreatif. Presiden Jokowi pada perhelatan Ideafest 2020Â mendorong masyarakat untuk membangun komunitas kreatif yang tangguh. Jokowi menekankan bahwa sektor ekonomi kreatif adalah industri masa depan yang berperan besar dalam membangun ekonomi nasional. Selain itu, sektor ini juga paling kebal terhadap pandemi sebab industri ekonomi kreatif didasari imajinasi dan kreativitas.
Ekonomi Kreatif di Indonesia
Pada 15 Januari 2022 dalam webinar bertema Creative Economy Education Through Game -- Based Learning (CREATONME): Activate Your Creative Skill yang diadakan oleh Ecofun Indonesia, CREATONME, ASEAN Foundation, Empowering Youths, Maybank, dan Maybank Foundation mengupas edukasi sektor ekonomi kreatif bagai mata air yang tak pernah kering, khususnya game-based learning/ metode pembelajaran berbasis permainan. Beragam ide bermunculan ke permukaan tiap tahun serta dapat dieksekusi menjadi produk kreatif.
Webinar dipandu oleh MC, Erik Mulyana serta dimoderatori oleh Sadryna Evanalia. Pada kesempatan pertama, Annisa Arsyad dari Ecofun Indonesia memaparkan tentang Empowering Youth through CREATONME. Dalam pemaparannya ia mengungkapkan apa itu, apa misi, apa yang dilakukan, dan siapa saja yang menjadi sasaran beragam program dari CREATONME.
CREATONME merupakan program edukasi ekonomi kreatif yang terdiri dari rangkaian ToT/ Training of Trainers, workshop simulasi game, dan webinar skala ASEAN. Misi dari CREATONME adalah untuk memberikan seperangkat ketrampilan/ skills terkait gamifikasi dan game design serta bagaimana memecahkan masalah melalui berpikir kreatif.