Mohon tunggu...
Bobby Prabawa
Bobby Prabawa Mohon Tunggu... Editor - ghost writer, copywriter, dan editor

Saya seorang ayah full time, freelance ghost writer, copywriter, dan editor yang berdomisili di Bogor. Saya aktif dalam komunitas bloger Bogor, google local guide, calon pendonor kornea mata sebagai bagian dari hobi. . Saya beralamat di gemahalilintar@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Panduan Menulis Ulasan di Google Local Guide (Gmap) & Get Connected!

17 Juli 2023   10:15 Diperbarui: 22 Juli 2023   11:07 413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumen pribadi, Perayaan Ulang Tahun ke 7 Google Local Guide Connect di Swiss-Belhotel Bogor.

Pukul 08.15 pagi, saya dan Adhi sudah tiba di halaman Swiss-Belhotel Bogor karena hari ini saya dan teman-teman Google Local Guide Connect merayakan ulang tahunnya yang ke 7, berbarengan dengan perayaan 6 tahun Google Local Guide Bogor, 21 Juni 2017, ulang tahunnya dirapel sekalian.

Kami merayakan dengan mengadakan mini talk, mengundang 2 pembicara sekaligus, pertama @CafeinStory Curated Channel:  How to Write Review & Get Leveled Up! Yang dibawakan oleh Ten. Pembicara kedua adalah Pak Wisnu Salman, Executive Director of Indonesia Mining Assosiation, beliau juga merupakan Indonesia 1st Master Writer on Connect, Google Local Guide Level 10 : How to Write & Get Connected!

Kedua pembicara hebat ini dipandu oleh Pak Budi FX Widyatmoko, Google Local Guide Level 10. Pak Budi pernah diundang ke kantor Google di Amerika, gegara kerajinan jari-jemarinya menuliskan ulasan di gmap dan cerita panjang lebar di Connect. Acara sebesar ini dilakukan dengan persiapan yang hanya seminggu oleh Mba Desty, Mba Lusi, Mba Winda, Mba Diany, Mba Mutia, demi Google Local Guide Connect dan Google Local Guide Bogor. Emang keren kalian gaes!

Ten adalah anak muda yang hobi nongkrong di cafe, menikmati berbagai macam kopi dan seluk beluknya. Secangkir kopi latte yang berada di cangkirmu adalah hasil kerja keras, dan kolaborasi petani kopi, sopir truk yang telah mendistribusikan, pedagang kopi, barista, dan lain sebagainya. Ten mengurusi kopi dari hulu ke hilir, sampai pada kerjaan mengkoneksikan pemilik kafe dengan petani kopi dari Gorontalo di Sulawesi Utara sebagai salah satu networkernya. Inilah nongkrong asyik yang berfaedah.    

Tips dari Ten dalam How to Write & Get Leveled Up! Saya bocorin ya...

We are giving direction, bukan show off (bahasa update sekarang fleksing). Orang pergi ke suatu tempat untuk mencari apa yang diinginkan, dan panduan terdekatnya adalah ulasan di gmap, semacam fiksi mininya, sedangkan versi novelnya (detailnya) tuliskanlah di google local guide connect. Misalkan kita mengunjungi Curug Nangka tulislah di gmap, sedangkan cerita yang lebih mendalam bisa kita tuliskan di connect.

Connect adalah blog yang dibuatkan  oleh Google Local Guide untuk menulis, upload foto, dan video, sebab hil yang mustahal semua dipadatkan dalam gmap.

Pak Wisnu bilang How to Make It Connected? Buat pembaca penasaran, tautkan kepada teman local guide yang relate dengan tulisan kita. It's a story to tell. Gmap dan Connect adalah yelow page destination (halaman kuning pada buku telepon jaman baheula) tambah Ten.

Dari 150.000.000 local guide sedunia yang punya batch (kelompok) best writer itu hanya 11 orang. Pak Wisnu adalah orang ke 8, dan Pak Budi FX adalah orang ke 2, lebih tepatnya 2st best writer dari Indonesia, dan Pak Wisnu adalah 1st  best writer dari Indonesia. Alasannya adalah karena saya punya obsesi selalu ingin jadi yang terbaik, kedua saya melihat master writer ini adalah batch yang paling bergengsi. Jadi itu yang paling saya kejar.

Saya memetakan dari sekian banyak local guide yang aktif di connect tingkat dunia itu siapa saja, kan sering kita lihat setiap hari siapa yang nulis. Di Indonesia ini saya lihat Pak Budi FX yang paling aktif. Saya selalu lihat pergerakan Pak Budi. Pak Budi selalu saya amati. Misalnya Pak Budi, hari ini bikin 2 tulisan, nah kalau Pak Budi bikin 2 tulisan, saya harus bikin 3 tulisan, 4 tulisan. Itu selalu saya petakan. Sama dengan crowd source yang tranlate orang India itu, saya namanya lupa, dia selalu cepat. Saya harus lebih cepat. Itu adalah smart kompetisi, bukan sekedar isi waktu. Local guide dan crowd source bagi saya seperti pekerjaan, suatu ambisi di situ.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun