Kabar gembira yang ditunggu-tunggu itu akhirnya muncul juga. TikTok Shop buka lagi saat Hari Belanja Nasional 12-12-2023. Hore, TikTok Shop buka lagi saat Harbolnas di penghujung 2023!
TikTok pada 11/12 secara resmi mengumumkan rencananya untuk memulai kembali bisnis e-commerce di Indonesia dalam jenama TikTok Shop. Pembukaan kembal TikTok Shop ini terjadi setelah TikTok  menandatangani kesepakatan senilai 1,5 miliar dolar atau 23,4 triliun rupiah untuk mengakuisisi saham pengendali di Tokopedia. TikTok membeli 75 persen saham Tokopedia.
Kesepakatan tersebut, yang diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2024, akan menjadikan TikTok Shop bergabung dengan GoTo Tokopedia, yang akan mengoperasikan aplikasi berbagi video TikTok di Indonesia.Â
TikTok Shop buka lagi setelah dua bulan akibat regulasi pemerintah Indonesia yang mengatakan tidak akan lagi mengizinkan transaksi e-commerce di platform media sosial dalam upaya untuk mengatur industri dan melindungi konsumen. bisnis dalam negeri.
Dalam rilis resmi kedua perusahaan, kerja sama tersebut sejalan dengan strategi GoTo Group untuk memperkuat posisi finansial dan strategisnya dengan mengembangkan bisnis yang menjawab kebutuhan konsumen dan usaha kecil dan menengah secara lebih komprehensif di Indonesia.
Dirilis Kompas.com, kembalinya TikTok Shop akan diuji coba pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan promo belanja Hari Belanja Nasional (Harbolnas). Program kolaborasi TikTok dan Tokopedia diberi jenama "Beli Lokal". Upaya mempromosikan produk lokal dalam Beli Lokal bakal akan tersedia di aplikasi TikTok.
Kedua perusahaan juga mengklaim kemitraan ini akan mendorong promosi produk Indonesia di Tokopedia dan mendukung pedagang untuk menjual produk secara online dengan memberikan dukungan di berbagai bidang seperti pemasaran, penjenamaan, dan praktik bisnis berkelanjutan.
Entitas gabungan ini juga akan membantu merek dalam negeri untuk mempromosikan produk mereka di pasar internasional, pendirian pusat teknologi di seluruh Indonesia. Juga bertujuan mengembangkan talenta teknologi lokal dan memastikan persaingan yang adil di pasar online.
Tak dapat disangkal bahwa ritel online adalah salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dengan perkiraan penjualan melonjak lebih dari 600% selama enam tahun dari tahun 2018 hingga 2024. Â
Potensi besar ritel daring TikTok-Tokopedia