Mohon tunggu...
Brigitta Emtimanta
Brigitta Emtimanta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam kegiatan kepenulisan. Topik yang saya minati yaitu seputar dunia kampus, citizen journalism, kesehatan mental, dan konten film.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Digitalisasi UMKM di Desa Gaum: Pemanfaatan Copywriting untuk Membangun Citra Produk di Media Sosial

23 Agustus 2024   16:25 Diperbarui: 23 Agustus 2024   16:30 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Internal Tim II KKN UNDIP Desa Gaum 2024

Beningrejo, Gaum-Inisiatif digitalisasi dalam memajukan UMKM terus digalakkan untuk membantu UMKM di Desa Gaum, khususnya di Dusun Beningrejo, dengan memperluas cakrawala pemasaran produk warga desa yang tentunya memiliki potensi untuk bersaing dengan produk -- UMKM lainnya. Salah satunya melalui program kerja  "Digitalisasi UMKM di Desa Gaum" yang dilaksanakan oleh Tim II KKN UNDIP Desa Gaum. Program kerja ini melibatkan pendekatan copywriting untuk membangun citra produk di media sosial. 

Program kerja dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2024, bertempat di kediaman Ketua RT 03 RW 05 Dusun Beningrejo. Dalam program kerja ini, terdapat pemaparan materi dan diskusi yang dilakukan oleh Fransisca Sheilla N.A, dari Fakultas Ilmu Budaya. Adapun sasaran dari program kerja ini yaitu para pelaku UMKM yang ada di Dusun Beningrejo.

Pelaksanaan program kerja ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana pemasaran yang dilakukan para pelaku UMKM di Dusun Beningrejo masih tergolong konvensional. Sehingga diperlukan upaya untuk membantu mereka dalam menggunakan media sosial dan pasar online guna memperluas cakrawala pemasaran produk UMKM. 

Dalam kegiatan ini, pemateri melakukan pemaparan disertai diskusi bersama para pelaku UMKM mengenai teknik-teknik copywriting yang efektif dalam menciptakan citra produk di media sosial. Hal ini bertujuan agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial dan pasar online sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pasar produk mereka secara lebih luas dan menjangkau berbagai kalangan.

Acara berakhir sekitar pukul 21.30 WIB dan ditutup dengan sesi dokumentasi bersama dengan pelaku UMKM setempat. Kedepannya diharapkan para pelaku UMKM di Desa Gaum, khususnya Dusun Beningrejo, memiliki manajemen yang lebih baik dalam mengelola media digital untuk pemasaran sehingga mampu memperluas jangkauan pasar untuk meningkatkan penjualan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun