Mohon tunggu...
Blora Santika28
Blora Santika28 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Blora santika Pgsd Memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbandingan Teori Perkembangan Social, Vygotsky Vs Piaget

15 Oktober 2024   11:02 Diperbarui: 15 Oktober 2024   11:19 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori Perkembangan Sosial: Analisis Vygotsky dan Piaget

Pendahuluan

Perkembangan sosial anak merupakan aspek fundamental dalam memahami proses pembelajaran dan interaksi mereka dengan lingkungan. Dua tokoh yang berpengaruh dalam psikologi perkembangan adalah Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Meskipun keduanya membahas perkembangan kognitif, pendekatan mereka terhadap faktor sosial menunjukkan perbedaan yang signifikan, memberikan wawasan berharga bagi pendidik dan orang tua.

Bagaimana teori Piaget dan Vygotsky berhubungan dengan praktik pendidikan?
Teori Piaget dan Vygotsky dipelajari di hampir setiap mata kuliah psikologi pendidikan untuk program persiapan guru. Guru mengevaluasi keyakinan mereka sendiri dan ilmu pengetahuan modern sebelum menerapkan praktik di kelas.


Teori Jean Piaget

Jean Piaget adalah seorang psikolog Swiss yang dikenal dengan teorinya tentang perkembangan kognitif anak. Teorinya mencakup empat tahap utama:

1. Tahap Sensorimotor (0-2 tahun): Anak belajar melalui interaksi dengan lingkungan menggunakan panca indra. Mereka mengembangkan pemahaman tentang objek dan keterikatan melalui pengalaman langsung.

2. Tahap Praoperasional (2-7 tahun): Anak mulai menggunakan bahasa dan simbol, tetapi masih berpikir secara egosentris dan belum dapat melakukan operasi logis. Mereka sering berfokus pada aspek visual dan tidak mampu memahami konsep konservasi.

3. Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak dapat melakukan operasi logis dalam konteks konkret. Mereka mulai memahami konsep konservasi, klasifikasi, dan dapat menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.

4. Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas): Anak mulai berpikir secara abstrak dan dapat memikirkan hipotesis serta menyusun argumen logis. Mereka dapat memahami ide-ide yang lebih kompleks dan berfokus pada pemikiran teoritis.

Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif terjadi melalui proses asimilasi dan akomodasi, di mana anak mengintegrasikan pengalaman baru ke dalam skema yang sudah ada atau mengubah skema untuk mencakup pengalaman baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun