Mohon tunggu...
Valery Zhevanya Eddy
Valery Zhevanya Eddy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya senang membaca buku dan menulis apa yang sedang saya pikirkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Unpar

7 Desember 2022   18:46 Diperbarui: 7 Desember 2022   19:03 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi adalah sebuah kegiatan yang dibawakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora. Geladi Hominisasi perlu diikuti seluruh mahasiswa UNPAR sebagai salah satu syarat untuk menyusun skripsi. Geladi Hominisasi dilaksanakan berdasarkan cita-cita komunitas akademik untuk membentuk manusia  yang humanum. 

Upaya Geladi Hominisasi adalah untuk menjadikan kami semua mampu untuk berpikir secara logis dan bertanggungjawab atas kehendak bebas kamu.

Sebelum hari H Geladi dilaksanakan, kami diberi tugas Pra Geladi yang dimana kami diminta untuk menyimak lagu kebangsaan "Indonesia Raya" 3 stanza dan film dokumenter dengan tema budaya Indonesia. Dari lagu kebangsaan yang sudah saya dengar dan pahami liriknya, syair yang menurut saya menarik adalah:  

Suburlah tanahnya,

Suburlah jiwanya,

Bangsanya,

Rakyatnya, semuanya,

Sadarlah hatinya,

Sadarlah budinya,

Untuk Indonesia Raya.

Bagian ini menarik menurut saya, karena ini sebagai doa dan harapan pada kami supaya dapat sadar untuk terus menjaga, mengelola dan menikmati kesuburan dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia dengan sebaik-baiknya demi menjaga kelestarian dan keindahan Bangsa Indonesia.

 Dalam tugas Pra Geladi ini, kami juga diminta untuk menyimak satu film dokumenter dengan tema budaya, lingkungan atau ketahanan pangan Indonesia. Film dokumenter yang saya tonton adalah "KISARASA Episode 1 - Perjalanan Chef Juna ke Bali, Penuh Rasa dan Kenangan". Dalam film dokumenter tersebut, banyak sekali hal menarik yang dapat saya tangkap. Seperti kebudayaan Bali yang masih kental, mulai dari citarasa makanannya, keagamaannya, serta pakaian sehari-harinya.

 Pada hari Geladi Hominisasi dilaksanakan, banyak sekali manfaat dan pengalaman baru yang saya dapatkan. Mulai dari berkenalan dengan teman-teman baru lintas jurusan, berdiskusi dan bekerja sama dengan teman-teman untuk menyiapkan presentasi dengan waktu yang singkat, mengetahui cara menganalisis SWOT yang baik dan benar, serta mempresentasikan dengan membawakan tema 'Hari Anak Sedunia' yang ditonton oleh banyak teman-teman. 

Dengan melewati seluruh rangkaian Geladi Hominisasi, manfaat yang saya dapatkan adalah dapat bersosialisasi dengan teman-teman baru, berani menyampaikan pendapat, serta mendapatkan banyak pengetahuan baru.

Geladi Hominisasi ini juga mengajarkan dan melatih saya untuk berani menyampaikan pendapat dan berusaha kreatif dengan menggunakan kemampuan intelektual yang saya miliki dengan sebaik-baiknya dalam perjalanan kuliah di UNPAR. Cara yang dapat saya lakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir saya adalah dengan berusaha mencari ilmu dari mana saja dan mau mendengarkan pendapat orang lain. 

Serta menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama saya untuk berkomunikasi dengan orang lain sebagai pembentuk identitas saya sebagai warganegara Indonesia dan sebagai sarana menempatkan diri dalam masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun