Setelah mengikuti Program Pendidikan Calon Guru penggerak (CGP) Angkatan 7 yang di mulai pada tanggal 23 Oktober 2022 melalui Lokakarya Orientasi dan berlanjut mengikuti pendidikan CGP selama 6 bulan. Saya dinyatakan lulus sebagai guru penggerak. Tentunya setelah melalui berbagai tahapan pendidikan guru penggerak.
Pembuka tulisan di atas merupakan bagian Prolog yang saya tuliskan  sebagai bagian Peran dan nilai-nilai Guru Penggerak di masa depan, paling tidak tiga tahun kedepan.
Menuliskan gambaran program yang seakan sudah menjadi guru penggerak selama 3 tahun. Sebagai Guru Penggerak dengan pengalaman selama 3 tahun pertama, tentu menjadikan tantangan bagi seorang guru penggerak.
Bagaimana berbagai pengetahuan, ilmu yang didapatkan selama mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP) menjadi sebuah pengalaman pertama di masa depan dengan seribu satu tantangan yang harus di hadapi di masa depan.
Menjabarkan dan menterjermahkan berbagai pengetahuan yang didapatkan, dengan kekuatan peran dan nilai-nilai guru penggerak.Â
Semua program guru penggerak berupa kegiatan yang dikerjakan tergambar jelas memuat nilai-nilai yang dimiliki yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, Â inovatif dan berpihak pada murid.
Apa saja Gambaran diri saya sebagai Guru Penggerak?
Di tahun pertama sebagai guru penggerak merupakan tahun penuh tantangan. Bergerak dan menggerak sesuatu yang sudah terpola itu sangatlah sulit. Dan perlu pendekatan dan proses untuk merubahnya.Â
Ada karakter yang biasa-biasa saja, aspiratip, antusias, pesimis dan toksit. Sebagai guru penggerak saya pun harus bisa mengetahui secara jelas dimana lingkaran pengaruh yang saya punyai?.Â
Apa itu lingkaran pengaruh?
Lingkaran pengaruh merupakan sebuah konsep tindakan yang menyadari bahwa perubahan yang sifatnya transformatif tidak bisa dilakukan perorangan, melainkan perlu keterlibatan atau partisipasi dari pihak-pihak lain yang relevan.
Kaitannya dengan pembelajaran, maka menguatkan lingkaran pengaruh sebagai guru penggerak merupakan upaya mempengaruhi orang di sekitar untuk turut mendukung transformasi pembelajaran.