Kegiatan Guru penggerak Angkatan 7 sudah memasuki modul 1.2 mengenai peran dan nilai-nilai guru penggerak. peran dan nilai guru penggerak di gali berdasarkan kegiatan nyata, dan pengalaman sendiri di sekolah tempat mengajar.
Menjadi seorang penggerak, apalagi sebagai guru penggerak mempunyai tantangan sendiri. Kita harus mengetahui sejauh mana peran dan daya pengaruh kita kepada orang lain.
Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah satu dari nilai-nilai Guru penggerak yang berpihak pada murid, inovasi, kolaboratif, reflektif dan mandiri yang telah membenatu saya dalam melayani murid saya lebih baik?
Apa saja minimal 10 kegiatan di Sekolah yang bisa dianggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini?. Sebagai pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan menjadi pelatih bagi rekan guru?.
Dari beberapa pertanyaan tersebut, secara garis besar sudah termuat di infografis yang ada pada gambar di artikel ini. Setiap guru memiliki jawaban sesuai dengan pengalaman dan program yang diterapkan di sekolah masing-masing.
Baiklah, penulis akan menjabarkan peran sebagai guru penggerak menurut pengalaman dan program yang ada dan diterapkan di sekolah penulis.Â
Seorang guru harus mampu dan bisa memberikan dorongan dalam peningkatan kemandirian dan kepemimpinan siswanya dikelas. Kaitan dengan guru penggerak berarti mampu membantu dan mendorong siswa mandiri dalam belajar, memberikan motivasi dan mendidik karakter anak.
Peran Guru Penggerak
Ada beberapa peran penting yang di miliki oleh seorang guru penggerak, yaitu :
mendorong peningkatan prestasi akademik muridÂ
Sebagai guru peran ini merupakan peran yang dimiliki guru penggerak ataupun guru dengan definisi baik. Peran ini juga sejalan dengan penguatan karakter anak dan Propil Pelajar Pancasila yang mengharuskan siswa bernalar kritis, berakhlak mulia. Sehingga dengan bebebrapa komponen tersebut prestasi akademik meningkat.
Mengajar dengan KreatifÂ