Super app saat ini merupakan salah satu istilah dalam bidang teknologi yang sering kita dengar, namun ternyata masih banyak yang belum paham makna dari Super App itu sendiri.Â
Super App dapat diartikan sebagai platform yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang menawarkan berbagai macam layanan yang terintegrasi dalam satu aplikasi.Â
Layanan-layanan yang ditawarkan sangat beragam mulai dari layanan transfer, pembelian tiket kereta api dan pesawat, pembelian token listrik, pulsa dan berbagai macam layanan pembayaran.
Dengan menyediakan berbagai macam layanan, diharapkan hanya dengan satu aplikasi saja keseluruhan kebutuhan keseharian kita dapat dipenuhi dan dilakukan melalui super app tersebut. sehingga memudahkan para pengguna untuk bertransaksi dan tidak perlu menggunakan berbagai macam aplikasi yang lain.
Sebuah penelitian yang dilakukan merilis daftar super app terbaik yang paling terbaik di Asia Tenggara pada tahun 2022 Tolak ukur yang digunakan dalam penelitian tersebut, super app yang masuk dalam kategori pemilihan adalah super app yang memiliki layanan digital lebih dari 3 jenis. Digital agency Indonesia sudah biasa membuat super app.
 lima super app terbaik yang ada di wilayah Asia Tenggara tahun 2022.
1. Grab
Di peringkat pertama, aplikasi yang menjadi juara adalah Grab yang ditetapkan sebagai aplikasi terbaik di Asia Tenggara. Aplikasi yang awal mulanya di negara Malaysia pada tahun 2012 ini memiliki banyak layanan yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya diantaranya adalah layanan transportasi, layanan pesan antar makanan, layanan belanja dan berbagai macam layanan pembayaran tagihan.
2. Shopee
Aplikasi selanjutnya adalah Shopee, yang berhasil ] menempati posisi ke-2. Perusahaan yang berasal dari Singapura ini merupakan aplikasi marketplace yang kemudian berkembang menawarkan berbagai macam layanan pembayaran digital lainnya yang sangat lengkap. Selain itu Shopee juga mengembangkan jasa antar makanan yang dikenal dengan shopee food.
3. Lazada
Posisi ke-3 diraih juga oleh perusahaan yang berdiri di Singapura yaitu Lazada. Lazada telah berdiri sejak tahun 2012 dan hingga saat ini terus mengembangkan layanan digital yang dimilikinya. Selain menyediakan jual beli secara online, perusahaan ini juga terus mengembangkan platformnya sehingga saat ini memiliki fitur pembayaran digital untuk keperluan sehari-hari yang cukup lengkap.
4. Gojek
Posisi ke empat ini berhasil diraih oleh perusahaan asal Indonesia, Gojek. Didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010 sebagai jasa ojek online dan hingga saat ini terus berkembang menjadi sebuah superapp yang menyediakan berbagai macam layanan yang sangat lengkap mulai dari transaksi pembayaran digital harian, pesan antar makanan, pengantaran barang bahkan pembelian tiket bioskop dapat dilayani melalui aplikasi ini.
5. Tokopedia
Satu induk dengan gojek di perusahaan GoTo, posisi kelima berhasil diraih oleh Tokopedia. Salah satu perusahaan yang berasal dari Indonesia dengan taraf decacorn ini merupakan aplikasi jual beli online yang sangat populer di Indonesia. Saat ini layanan yang dimiliki tokopedia juga terus berkembang  untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, seperti pembelian tiket pesawat dan juga kereta, dan banyak lagi.