Dunia usaha merupakan sebuah dunia yang penuh dengan tantangan. Terutama saat ini dimana teknologi berkembang dengan sangat cepat yang membuat para pelaku usaha harus dapat dengan cepat beradaptasi dengan berbagai hal yang baru yang tercipta dari perkembangan teknologi.
Salah satu hal yang penting dalam mendapatkan strategi pemasaran yang tepat adalah dengan mengetahui dan memahami perilaku konsumen kita. Hal ini juga berarti sebuah digital agency jakarta harus memahami media mana yang terbaik dalam saluran pemasaran yang dipilih.
Dengan meningkatnya teknologi dan penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari, membuat banyak pelanggan yang dapat dijumpai di berbagai platform online. Yang membuat permintaan produk secara online juga mengalami peningkatan yang sangat pesat.
Dalam perkembangan teknologi di dunia bisnis, terdapat dua channel pemasaran yang banyak digunakan oleh para digital marketer yaitu omni channel dan juga multi channel. Kedua channel ini merupakan cara yang digunakan untuk mengembangkan perusahaan dan keduanya memiliki perbedaan dan efek yang berbeda dalam penerapannya.
Berikut ini adalah perbedaan antara omni channel dengan multi channel.
1. Saluran Penjualan
Pada Multichannel, saluran penjualan tidak saling terintegrasi satu dengan lainnya. Sementara pada Omnichannel, semua saluran terhubung satu dengan lainnya.
2. Fokus Utama
Fokus utama Multichannel adalah pada kinerja dan juga kuantitas dari channel yang dipakai. Sementara pada Omnichannel, lebih memfokuskan pada pengalaman belanja konsumen, dan lebih mementingkan kualitas masing masing saluran.
3. Informasi yang Diberikan
Pada Omnichannel, digital marketer dapat menyajikan informasi yang utuh kepada konsumen. Namun pada Multichannel, informasi yang diterima oleh konsumen tidak penuh dan hanya berupa brosur ataupun katalog.
4. Cara Kerja
Cara kerja Omnichannel lebih banyak melibatkan data yang diperlukan untuk menciptakan pengalaman pelanggan baik. Namun cara Multichannel bekerja adalah dengan memilih mana saluran yang memiliki potensi pelanggan yang banyak.
5. Channel yang Digunakan
Multichannel pada umumnya menggunakan media konvesional seperti iklan televisi, majalah dan juga koran. Sementara Omnichannel lebih memanfaatkan saluran online seperti media sosial, email dan berbagai aplikasi internet lainnya.
Demikianlah perbedaan antara multichannel dan juga omnichannel, dan masing-masing memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Untuk memilih mana yang paling tepat jangan ragu untuk berkonsultasi dengan DiPStrategy. Sebagai digital agency Jakarta yang telah dipercaya oleh klien dengan berbagai macam bisnis, DIPStrategy siap membantu memajukan bisnis Anda secara digital.