Dalam tingginya persaingan usaha saat ini, maka penjualan secara digital merupakan salah satu strategi yang tidak boleh ditinggalkan. Bahkan dapat dibilang, digital marketing merupakan strategi terpenting yang harus dijalankan oleh tim penjualan di setiap perusahaan.
Berbagai macam strategi yang terdapat dalam digital marketing apabila diterapkan dengan baik dan berkesinambungan dipercaya dapat meningkatkan penjualan perusahaan secara signifikan dan dapat membawa perusahaan lebih maju.
Hal ini disebabkan karena penjualan secara digital dapat dilakukan secara lebih efektif dan juga lebih efisien sehingga dapat mencapai konsumen yang potensial secara lebih cepat dan tepat sasaran. Namun untuk menjalankan digital marketing yang baik, perusahaan dan divisi marketing harus memiliki strategi yang tepat agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih baik.
Tips untuk menjalankan strategi digital marketing
Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjalankan strategi digital marketing agar lebih efektif dan juga efisien bagi perusahaan.
1. Memiliki tujuan yang ingin dicapai
Langkah pertama ini adalah yang cukup penting dalam menjalankan strategi digital marketing yang akan kita jalankan. Tetapkan tujuan tersebut diawal, seperti ingin meningkatkan peringkat website perusahaan di search engine, mencapai 10.000 kunjungan dalam satu bulan pada website perusahaan, atau peningkatan penjualan sebesar 50% melalui digital marketing
Memiliki tujuan dan goal yang ingin dicapai dalam kampanye yang kita laksanakan dapat menjadi tolah ukur keberhasilan dari kampenye digital yang kita lakukan.
2. Menentukan target konsumen
Setelah mengetahui apa yang ingin kita capai dalam kampanye iklan yang akan dilaksankan, maka tahapan selanjutnya adalah menentukan kepada siapakan iklan dan produk yang kita promosikan akan muncul,
Dalam dunia digital marketing, perusahaan akan sangat terbantu karena dapat mengatur kepada siapa iklan yang kita buat itu muncul, digital marketing dapat mengatur di daerah mana iklan tersebut muncul, gender orang yang melihat iklan, umur dan berbagai hal lainya.
Dengan konsumen yang telah ditarget, perusahaan dapat menjalankan kampanye iklan secara lebih efektif dan efisien.
3. Mengamati Produk Pesaing
Dalam dunia marketing, kita tidak hanya harus memperhatikan produk dan iklan yang kita buat saja, namu kita juga harus melihat bagaimana produk kompetitor yang ada di pasar. Dengan memperhatikan produk pesaing, kita dapat mempelajari banyak hal, seperti produk mana yang lebih disenangi oleh konsumen, bagaimana cara pemasaran mereka. Berbagai hal tersebut dapat kita masukkan dalan strategi pemasaran kita dengan cara ATM yaitu Amati, Tiru, Modifikasi sehingga produk dan kampanye iklan yang kita jalankan akan jauh lebih baik dari kompetitor..
4. Membuat konten yang menarik dan unik
Salah satu cara yang ampuh dalam promosi secara digital adalah kita harus kreatif dalam menciptakan konten yang menarik banyak orang. Semakin banyak orang yang melihat dan menyukai konten yang kita buat akan semakin memungkinkan konten yang kita buat menjadi viral.