Mohon tunggu...
Dipstrategy.co.id
Dipstrategy.co.id Mohon Tunggu... Konsultan - Sharing semua info dan tips terbaru tentang digital marketing, ui/ux, software development. untuk membangun kehadiran bisnis anda di dunia digital. https://dipstrategy.co.id/

Dipstrategy

Selanjutnya

Tutup

Money

Email Masuk Spam? Ini Cara Meningkatkan Email Deliverability

14 Februari 2022   15:39 Diperbarui: 14 Februari 2022   15:50 411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Email marketing merupakan salah satu cara yang kerap dipakai dalam dunia digital marketing. Bahkan email marketing ini sempat menjadi primadona dan menjadi andalan para pebisnis online untuk menghubungi para calon nasabah potensialnya. Email marketing, seperti halnya penggunaan media promosi yang lain, juga membutuhkan kesabaran dan juga langkah-langkah yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Email masuk folder spam adalah masalah yang seringkali kita temukan apabila menggunakan channel pemasaran ini.

Mengukur keberhasilan email marketing ini dapat diketahui melakuk tingkat email deliverability. Nah untuk lebih mengenal apa itu email deliverabilty itu apa, yuk kita baca ulasannya dibawah ini.

Email deliverability adalah ukuran yang dipergunakan untuk mengetahui hasil dari email-email marketing yang dikirimkan oleh digital agency atau pelaku email marketing. Email deliverability dapat menjadi pertimbangan strategi agar email-email yang kita kirimkan dapat masuk ke inbox calon-calon nasabah potensial yang kita bidik.

Email delivaribilty yang rendah disebabkan oleh email yang kita kirimkan tersebut masuk ke dalam folder spam sehingga sangat kecil kemungkinannya email tersebut dibaca oleh orang yang dituju. Untuk menjaga agar email deliverability memiliki kualitas yang baik, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan.

  • Reputasi

Email dengan reputasi yang baik, akan membuat email deliverability juga menjadi baik dan membuat email yang dikirim akan langsung menuju kotak pesan utama. Dalam menjaga reputasi email agar email deliverability baik maka digital agency perlu terus memantau tingkat bounce rates, open rates dan juga click rates dari semua email marketing yang kita kirimkan. Kita perlu memastikan tingkat bounce rates, open rates dan juga click rates selalu dalam angka yang konsisten dan baik.

  • Otentikasi Pengirim Email

Otentikasi email adalah sebuah proses yang dilakukan oleh penyedia layanan internet untuk mengautentikasi email Anda melalui catatan yang dibuat. Penyedia Layanan Internet penerima email akan melakuka pemeriksaan terhadap catatan ini sebagai pertimbangan untuk menerima atau mengirimkan pesan email Anda. Penyedia layanan internet penerima dapat menolak atau mengkarantina email yang kita kirim tersebut berdasarkan ada atau tidaknya catatan tersebut. 

Dengan adanya otentikasi pengirim ini akan menunjukkan bahwa email yang dikirim merupakan email yang sudah terverifikasi dan dengan begitu email tersebut tidak akan masuk ke folder spam. Otentikasi email diperlukan agar email yang dikirim tidak dikenali sebagai email phising atau spam. Untuk melakukan otentikasi email ada dua metode yang biasa dilakukan yaitu metode SPF dan DKIM.

  • Infrastruktur

Dalam hal email marketing, infrastruktur yang dimaksud adalah tools yang dipergunakan untuk mengirimkan email. Ketika tools ini digunakan, server penerima akan membaca dari server tools-nya sebagai pihak ketiga, dan bukan membaca dari IP pengirim. Sehingga sangat penting bagi tools dalam menjaga kualitas servernya, agar email marketing yang dikirimkan dapat diterima oleh orang yang dituju.

Tingkat Deliverability yang Baik

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dilansir melalui Fulcrumtech.net, deliverability rate dari email-email yang terkirim di seluruh dunia mencapai tingkat 80%. Untuk wilayah Amerika Serikat tingkat deliverabilitynya mencapai 77%. Namun 77% tersebut masih bukan merupakan angka yang tepat karena masih ada 8% email yang dikategorikan sebagai spam dengan 16% dari email tersebut diblokir oleh server layanan penyedia internet email penerima.

Penelitan lebih lanjut yang disebutkan oleh Campaignmonitor.com, menyebutkan bahwa email yang beredar diseluruh dunia memiliki tingkat open rate-nya yang hanya mencapai 20%, dan untuk di wilayah Indonesia sendiri, open rate yang berada pada angka di atas 10% sudah dapat dikategorikan sebagai cukup bagus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun