Mohon tunggu...
Blasius P. Purwa Atmaja
Blasius P. Purwa Atmaja Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan dan Pembelajar

Staf Pengajar di Yayasan TNH Kota Mojokerto. Kepala Sekolah SMP Taruna Nusa Harapan Kota Mojokerto. Kontributor Penulis Buku: Belajar Tanpa Jeda. Sedang membentuk Ritual Menulis. Email: blasius.tnh@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bagaimana Mengelola Perubahan dengan Tahapan Inkuiri Apresiatif?

27 Februari 2023   05:55 Diperbarui: 27 Februari 2023   06:38 809
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tulisan ini merupakan bagian dari tugas calon guru penggerak di Modul 3.2. yaitu demontrasi kontekstual. Dalam tugas kali ini setiap calon guru penggerak diminta untuk menganalisis sebuah tayangan video. Dalam video tersebut dikisahkan perjuangan seorang guru dalam merealisasikan sebuah prakarsa perubahan.

Prakarsa perubahan  adalah sebuah istilah yang mencerminkan langkah konkret dan sederhana untuk menerjemahkan visi yang sifatnya abstrak menjadi sebuah tindakan-tindakan yang nyata dan terukur dalam proses pencapaian visi.

Sinopsis Tayangan Video Implementasi BAGJA

Kembali lagi ke tayangan video yang harus dianalisis tadi. Dalam video tersebut terlihat pengambilan gambar dilaksanakan di SDN Cipanas, Kota Serang. Di pagi hari anak-anak datang ke sekolah dan melakukan berbagai permainan tradisional di halaman dan teras sekolah. Guru menyambut para siswa dan memberikan motivasi kepada mereka ketika akan masuk kelas.

Saat sudah berada di dalam kelas, guru tersebut menuliskan satu frase di papan tulis yang berbunyi "Penyemangat Belajar". Melihat tulisan tersebut para murid terlihat penasaran dan berbicara dengan teman-teman sebangkunya serta menunjuk-nunjuk ke arah papan tulis.

Guru kemudian menanyakan kepada para murid apa yang muncul di benak mereka melihat tulisan tersebut. Jawaban para murid beragam. Ada yang mengatakan, "Makan, Bu."; "Sambil dengerin musik, Bu"; "Sambil duduk lesehan, Bu," dan beberapa jawaban lainnya. Guru juga bertanya tentang hal yang disukai di kelas mereka. Jawabannya juga beragam seperti sebelumnya.

Setelah itu, ketika jam istirahat, para murid tersebut diajak berkunjung di kelas II dan kelas VI. Mereka diizinkan melihat dan mencatat hal-hal yang disukai di kelas yang dikunjungi tersebut. Mereka juga boleh melakukan wawancara dengan anak-anak yang ada di kelas yang didatangi. Di kelas yang dikunjungi tampak bahwa pajangan kelasnya lebih variatif, hasil karya murid juga dipampangkan. Hal itu dicatat oleh para murid.

Di hari berikutnya para murid diberi tugas untuk mendiskusikan hal-hal yang disukai dari kelas lain. Setelah itu, guru memerintahkan kepada para murid untuk membayangkan kelas impian mereka dan menuangkannya dalam bentuk gambar secara berkelompok.

Aktivitas berikutnya terlihat para murid menggambarkan kelas impian dalam sebuah kertas gambar. Setelah selesai, setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas.

Kegiatan berikutnya, guru membimbing para murid menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan untuk menciptakan kelas impian. Melalui tanya jawab didapatlah kesimpulan bahwa yang diinginkan para murid meliputi (1) lantai yang bersih (2) dinding yang penuh hiasan (3) meja kursi yang posisinya bisa diubah-ubah, dan (4) adanya rak buku.

Berbagai keinginan tersebut kemudian dibagi ke dalam kelompok-kelompok untuk diwujudkan. Setelah sampai pada waktu yang telah disepakati, semua murid terlibat bekerja sesuai tugas mereka. Ada yang membersihkan lantai, ada yang menghias dinding, menata meja dan kursi, serta ada pula yang mendapat jatah mengatur rak buku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun