Mohon tunggu...
Rabitha Humairah
Rabitha Humairah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

just do what u wanna do

Selanjutnya

Tutup

Diary

BEDIKCE: Kehidupan Mahasiswa Ilmu Komunikasi

9 Maret 2024   22:41 Diperbarui: 9 Maret 2024   23:25 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Campus Life, Flickr)

Hai, selamat datang di "BEDIKCE" Belah Dikit Cerita: Kehidupan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Di sini, saya akan menceritakan sedikit soal kehidupan saya sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi. Mulai dari tantangan, kegembiraan, hingga kekesalannya. Semua cerita atau informasi yang ada disini semua based on my experience yaa.


Ilmu Komunikasi
Pertama kali rasanya bisa keterima di jurusan Ilmu Komunikasi tuh seneng banget, jujur SESENENG ITU. Apalagi setelah melewati banyak hal selama proses pemilihan jurusan dan kampus ditambah dapat berbagai macam masukan dari orang tua serta keluarga besar yang cukup menguras pikiran. Hingga pada akhirnya, dapat berkuliah di kampus yang nyaman dengan jurusan yang selama ini saya impikan. Selain karena saya sendiri yang ingin di jurusan ini, saya juga melihat mama saya yang sudah lebih dulu mempunyai gelar S.I.Kom. Melihat beliau yang sekarang sudah sukses, membuat saya bersemangat dan termotivasi untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap mata kuliah.


Tempat Mengasah Skill yang Menyenangkan
Selama di kelas, kita para mahasiswa selalu diberikan pembelajaran yang menarik oleh para dosen yang sudah pasti berpengalaman di bidangnya. Teori-teori dasar yang mereka sajikan membuat saya dan teman-teman saya terdorong untuk selalu berfikir kritis dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan jujur itu susaaah banget, tapi di sisi lain seru juga sih. Tidak hanya terdorong untuk berfikir kritis, saya juga terdorong untuk lebih banyak mengeksplor kemampuan saya seperti creative writing, editing video, photography, graphic desain, basic advertising dan lain-lain. Tidak hanya itu saya juga mempelajari dasar-dasar komunikasi, sosiologi komunikasi hingga psikologi. Enjoy banget sih selama kelas berlangsung ya walaupun sering diterjang rasa bosen dan rasa ngantuk tapi asik banget. Selain di kelas saya juga suka mengasah skill saya seperti public speaking atau sekedar menjadi pemeran untuk project kakak tingkat saya and it was the best experience I ever had while at campus.


Tantangan Selama Perkuliahan
Namun, di balik semua keseruan itu, saya juga menghadapi tantangan sebagai seorang mahasiswa komunikasi. Mulai dari jadwal yang semakin padat, banyaknya materi atau hal-hal yang harus saya mengerti dalam satu waktu secara bersamaan, tugas atau project yang bertumpuk, di tuntut untuk bisa mengembangkan skill yang sudah saya punya atau bahkan mempelajari skill baru yang sebelumnya belum pernah saya coba dan tekanan lainnya. Tapi seiring berjalannya waktu saya telah belajar untuk mengatasi berbagai tantangan yang saya alami, mulai dari mengatur manajemen waktu saya baik untuk belajar, mengerjakan tugas, serta berisitirahat untuk menjaga kesehatan mental dan fisik saya sendiri.


Kesenangan yang Selalu Ditunggu
Untuk saya hal yang selalu ditunggu-tunggu setiap harinya saat di kampus adalah bertemu dengan teman-teman saya. Menghabiskan waktu bersama mereka tidak akan pernah membosankan, bahkan setiap harinya akan selalu ada hal baru yang bisa kita bahas bersama. Dari mereka saya belajar banyak hal, khususnya dalam lingkup pertemanan, seperti bagaimana cara kita menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain, menyelesaikan masalah secara dewasa, merubah diri menjadi lebih baik dari yang sebelumnya, mengerti keadaan satu sama lain dan lainnya. Tidak hanya itu, bersama mereka terkadang membuat saya kesal, baik itu karena perkataan mereka, perilaku mereka atau mungkin reaksi yang mereka berikan. Tapi itu semua tidak akan bisa mengubah fakta bahwa bersama mereka juga sangat menyenangkan.


Mahasiwa Ilmu Komunikasi
Bagi saya kehidupan sebagai seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi bukan hanya sekedar datang ke kampus, menghadiri kelas dan mengerjakan tugas. Tetapi bagi saya kehidupan sebagai seorang mahasiswa ilmu komunikasi lebih dari itu, seperti bertemu banyak orang yang berpengalaman di bidangnya, saling berbagi ilmu, membangun pertemanan dan koneksi yang baik dengan orang sekitar, saling berbagi pengalaman, sama-sama saling mendukung dan memotivasi untuk mencapai tujuan yang sama, bertumbuh dan berjuang bersama. Dan dari blog ini, saya berharap dapat memberikan sedikit gambaran tentang kehidupan seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sekarang sedang berjuang untuk mendapat gelar S.I.Kom.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun