[caption id="attachment_54162" align="alignright" width="229" caption="Amenhotep"][/caption] Dalam penjara bawah tanah Mesir Youzarsif memberikan pencerahan tentang arti sebuah hidup, dia dengan sabar menjadikan suasana penjara sebagai ruang sekolah kehidupan. Sipir-sipir penjara terkadang ikut duduk bersama dengan youzarsif untuk mendengarkan petuahnya yang bermakna. Sementara di dalam istana, raja Amenhotep IV bermimpi sesuatu yang selama hidupnya tidak pernah dialaminya, ia melihat tujuh ekor sapi gemuk mengganyang dengan ganas tujuh ekor sapi kurus, ia melihat gandum kering melilit gandum hijau. Amenhotep IV terus dihantui mimpi ini hingga 3 hari, ia sebenarnya ingin merahasiakan mimpi ini namun khawatir apa yang diimpikan sebagai pertanda buruk bagi kerajaan Mesir sebagai pimpinan peradaan di dunia. Akhirnya amenhotep IV menyuruh para kahanatul ma'bad amun untuk menghadap. Merekalah yang selama ini menjadi penasehat kerajaan, mereka adalah para rahib istana sebagai wakil tuhan amun, tuhan sesembahan rakyat Mesir. Raja menjelaskan mimpinya pada mereka dengan detil, seketika kahanahul ma'bad terperanjat dengan cerita sang raja. "dalam sejarah mesir, belum pernah ada mimpi seperti yang baginda alami. ini adalah mimpi yang mengada-ngada, mimpi ini pasti datang dari iblis luciver yang mengganggu baginda", kahanatul ma'bad terus berusaha meyakinkan raja. Ketika antonius memberikan minuman pada raja amenhotep IV dan mendengar percakapan serius antara raja dengan kahanatul ma'bad tentang tafsir mimpi, ia teringat dengan temannya di penjara yang bernama youzarsif, namun dia hanyalah pelayan kerajaan yang tidak memiliki wewenang bicara sama sekali dalam forum resmi ini. Antonius mendekati nevertiti dan berbicara dengan suara berbisik, "wahai nevertiti..aku memiliki seorang sahabat yang mampu menafsirkan mimpi baginda raja","jangan ikut campur dalam urusan besar negara ini antonius!!", nevertiti malah menghardik antonius. Antonius terus saja meyakinkan nevertiti, ia bercerita dengan pelan bagaimana dirinya bisa kembali menjadi pelayan kerajaan padahal sebelumnya sudah divonis hukuman mati gara-gara dituduh mengkhianati negara. Akhirnya nevertiti berbisik kepada amenhotep dan mempersilahkan antonius untuk angkat bicara. Antonius mengatakan kepada Amenhhotep IV tentang keberadaan seorang dari negeri kan'an yang saat ini ada dalam penjara bawah mesir yang bernama youzarsif, ia adalah penafsir mimpi yang dikagumi dan dihormati seluruh penghuni penjara. Amenhotep awalnya ragu dengan penjelasan pelayan kerajaan ini, namun nevertiti mendesak untuk memberikan kesempatan pada antonius. Raja memerintahkan antonius untuk menjemput youzarsif dalam penjara. Melihat kedatangan antonius, youzarsif seketika memeluk antonius dengan tangisan rindu yang tiada tertara, antonius meminta maaf kepada yousarsif atas kelalaiannya menyampaikan salam pada amenhotep IV bahwa dirinya masuk penjara karena ulah istri panglima perang Mesir yang bernama houdipar. Yousarsif memasuki istana dengan bersahaja memakai busana khas kan'an, di depan raja ia hanya membungkukkan kepala dan tidak menyilangkan tangan ke dada sebagaimana yang dilakukan oleh rakyat mesir terhadap raja. Raja memahami apa yang lakukan youzarsif. Lalu amenhotep menceritakan kepada youzarsif atas mimpinya. Youzarsif tersenyum dan seketika berkata :"Sapi adalah simbol kesucian, sapilah yang selama ini menjadi hewan yang paling dimulyakan, ia adalah bagian dari cahaya kebesaran Tuhan. Gandum adalah simbol kehidupan, tanpa gandum, manusia tidak akan bertahan hidup hingga sekarang". Youzarsif lalu menjelaskan tafsir mimpi amenhotep IV,"Mesir akan mengalami kemakmuran yang sangat melimpah selama 7 tahun dan setelah itu akan mengalami paceklik kekeringan sepanjang selama 7 tahun juga". Amenhotep IV kagum dengan penjelasan youzarsif yang sangat realistis ini. Amenhotep menanyakan kepada youzarsif apa langkah yang harus dilakukan untuk menyelamatkan rakyat Mesir dari kelaparan dan kekeringan panjang nanti. "Mulai saat ini, semua rakyat Mesir harus bekerja keras mananam gandum. Semua sawah milik negara yang selama ini tidak dimanfaatkan harus digunakan untuk menanam gandum. Namun ada satu syarat, rakyat harus menyetorkan separo dari hasil panennya kepada kerajaan sebagai bekal musim paceklik nanti", youzarsif menjelaskan dengan detail semua solusi yang harus dilakukan untuk menyelamatkan mesir dari cobaan. Amenhotep berfikir hanya youzarsiflah yang mampu menyelamatkan bangsanya dari kepunahan. Ia menawarkan kepada youzarsif jabatan khusus di dalam negara untuk menangani krisi nanti. Youzarsif tidak menolak dengan permintaan raja tetapi dia memberikan satu syarat yang harus dituruti yakni membebaskan seluruh tahanan yang ada dalam penjara bawah tanah Mesir. Mendengar permintaan youzarsif, semua menteri dan pengawal kerajaan yang hadir tidak ada yang setuju, bagaimana mungkin orang-orang yang menjadi pengkhianat negara, yang melakukan kejahatan dan begundal-begundal bangsa harus dilepaskan dari tahanan. Raja meminta penjelasan atas permintaan youzarsif. "saya memahami baginda, permintaan ini adalah permintaan yang sulit buat kerajaan tetapi program yang akan saya lakukan tidak akan sukses kalau saya tidak memiliki anak buah yang loyal terhadap pemimpinnya. Saya yang menjadi jaminan atas dilepasnya para napi itu", youzarsif menjelaskan dengan penuh keyakinan.Akhirnya raja menuruti permintaan youzarsif. Kahanatul ma'bad gerah dan marah besar dengan masuknya youzarsif dalam kerajaan mesir. Mereka sangat tahu siapa youzarsif, youzarsif adalah seorang nabi dari kan'an yang diutus oleh Tuhan dengan membawa agama tauhid, agama monoteisme. Mereka tahu konsekuensi apa yang akan terjadi jika youzarsif memegang jabatan yang sangat strategis ini. Agama rakyat mesir yang menyembah dewa amun akan tergantikan oleh Tuhan youzarsif. Inilah alasan kenapa youzarsif meminta syarat membebaskan semua tahanan bawah tanah kerajaan mesir. Para pejabat di pemerintah memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kahanatul ma'bad karena mereka adalah pemuka agama amun. Sementara youzarsif hanyalah pendatang baru yang tidak memiliki power sama sekali. Setelah semua tahanan dibebaskan, youzarsif menjadikan mereka sebagai pembantu dalam menangani krisis ekonomi mesir. para tahanan itu saat ini bukanlah orang-orang jahat, mereka adalah orang-orang baru yang telah diisi oleh iman terhadap Tuhan youzarsif, mereka adalah para da'i yang siap mengorbankan apasaja demi youzarsif. Youzarsif telah membimbing mereka selama dipenjara tentang arti manusia, manusia bisa dikatakan manusia jika memberikan manfaat bagi manusia lainnya. Amenhotep IV melihat kegigihan youzarsif dan tertarik mengikuti jalan agamanya. Dewa amun yang selama ini menjadi tuhan resmi rakyat mesir telah diperalat oleh para kahanatul ma'bad untuk memeras harta rakyat. Youzarsif menjelaskan dengan bijak agama tauhid kepada raja dan akhirnya raja rela untuk dibaptis. Amenhotep dibaptis di sungai nil dan youzarsif mengganti nama amenhotep dengan akhnatun. akh berarti hamba dan atun berarti matahari, matahari sebagai pusat tatasurya yang sinarnya terpancar kepada seluruh bumi, sehingga matahari mewakili Tuhan. Akhnatun bisa artikan sebagai hamba Tuhan, berbeda dengan nama sebelumnya, amenhotep adalah anak dewa amun dan memiliki posisi sama dengan amun, sehingga dia adalah tuhan. Youzarsif bersama para sahabatnya mantan para napi telah berhasil keluar dari cobaan yang mendera Mesir. 7 tahun lamanya mesir mengalami kemakmuran setelah itu 7 tahun kekeringan hingga sungai yang selama ini menghidupi seluruh rakyat mesir dan negara-negara disekitarnya yang bernama nil juga ikut kering. Youzarsif berhasil dengan sempurna . Rakyat mesir menaruh simpati kepada youzarsif, mereka mengikuti agama baru yang dibawa oleh youzarsif. [caption id="attachment_54163" align="alignleft" width="300" caption="Akhenaten and Nefertiti"][/caption] Akhnatun memanggil youzarsif ke dalam istana dan menjodohkannya dengan wanita tercantik se Mesir yang bernama asinah. Youzarsif menerima tawaran raja hingga akhirnya youzarsif dan asinah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak. Keitka youzarsif keliling istana bersama istri dan 2 orang anaknya, ia kaget dengan suara nenek tua yang memanggil namanya dengan sebutan yusuf. nenek itu memanggil dengan suara pelan dan dengan nada yang memperlihatkan kesedihannya. Youzarsif mendekati si nenek dan bertanya siapakah dia sebenarnya. Jawaban yang diutarakan oleh si nenek seketika membuat lidah youzarsif kaku dan kelu, ia tak bisa berkata. Nenek itu ternyata adalah zulaikha, orang yang dulu sangat mencintainya, orang yang pernah mengajak berzina dengannya, orang yang ia anggap sebagai ibunya. Youzarsif membawa zulaikha ke dalam istana dan memanggil seluruh pejabat kerajaan dan rakyat untuk berkumpul. Ketika semua telah di istana, youzarsif menutupkan kain ke wajah nenek zulaikha dan seketika zulaikha kembali muda. Ia sengaja memperlihatkan mukjizat yang diberikan Tuhan kepada rakyat Mesir. Zulaikha muda akhirnya menikah dengan youzarsif hingga Mesir berjaya. ###### Terinspirasi dari Al-Qur'an ketika membaca surat Yusuf. **catatan ini special untuk sahabat kompasianer Rukyat Basri yang menginginkan saya menulis tentang fir'aun pada masa nabi yusuf. Bisyri Ichwan, seorang yang kagum dengan Mesir karena memiliki banyak sejarah yang mengandung hikmah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H