Mohon tunggu...
Al Rasyid
Al Rasyid Mohon Tunggu... -

http://al-rasyid.blog.undip.ac.id/

Selanjutnya

Tutup

Money

Google Adwords adalah Kunci Bisnis Online

10 April 2012   19:56 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:47 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13340876401038529201

Berikut adalah ulasan saya (Al Rasyid, ST) secara garis besar mekanisme Google yang saya ketahui mengenai AdWords, SEO, dan AdSense.

Google Adwords adalah Kunci Bisnis Online

Google AdWords adalah masa depan Periklanan Indonesia, dan masa depan itu telah mulai dari di tahun ini. Jika kunci dari bisnis adalah beriklan, maka Google Adwords adalah sebuah kunci bisnis.

Saat saya menghadiri undangan sebuah Seminar Google, pembicara (Dave Booth) mengatakan bahwa "Search Engine Optimization (SEO) Profesional adalah Google Adwords". Dan kalimat yang paling saya garis bawahi adalah "Adwords lebih baik daripada SEO". Dahulu saya adalah orang yang percaya bahwa SEO atau berada di halaman pertama mesin pencari Google adalah jaminan nomer satu untuk membangun keberhasilan bisnis via online. Namun paradigma ini ternyata berubah setelah saya mendatangi undangan Seminar Google. Beberapa hari kemudian saya mencoba mempelajari, mempraktekan, dan mendalami Google Adwords, dengan pengalaman sebagai pelaku bisnis via online, saya mencoba membandingkan antara "SEO" & "AdWords" dilihat dari sisi Hasil / Keuntungan, lalu Proses / Kinerja, kemudian Tenaga, Waktu dan Biaya. Dan hasil yang saya rasakan sendiri ternyata terasa. Dalam proses perdagangan, SEO akan "membuang waktu cukup lama dan sangat bekerja keras untuk membuat website baru menghasilkan uang, kecuali website / blog tersebut sudah cukup lama terindex Google". Sebuah kasus : jika seorang pemilik website membangun website tahun 2012, kemudian saingannya di bisnis yang bidang / produknya sama membangun bisnis dengan pemasaran via online di tahun 2008, maka dalam ketertinggalan selama 4 tahun tidak dapat disepelekan begitu saja. Jika di bisnis offline, tertinggal 3 bulan saja dapat kehilangan banyak calon klien atau konsumen, apalagi tertinggal 4 tahun? Konsep periklanan Google AdWords sebenarnya hampir sama dengan periklanan di media lokal seperti televisi, iklan koran, spanduk, dll. Namun yang membedakan adalah Adwords memiliki jangkauan periklanan lebih luas dan dapat diarahkan secara spesifik. Lebih luas dalam artian iklan Adwords dapat masuk di halaman utama mesin pencari Google, produk produk Google seperti: Youtube, Gmail, dll, serta pihak ke tiga seperti publisher Google AdSense. Sistem periklanan Adwords yang telah teruji dan didukung banyak aspek membuat proses konversi dan perhitungan akan keuntungan terlihat lebih dapat terprediksi. Ketika seorang pengusaha berbisnis tentunya tidak akan berburu dengan keberuntungan semata, butuh kepastian dan target untuk melangkah lebih ke depan. Beriklan di Google AdWords adalah solusi untuk berbisnis via online secara profesional, dan membayar periklanan Google AdWords untuk hasil yang pasti bukanlah sebuah kerugian. SEO sebenarnya untuk siapa? Jika ada pertanyaan "SEO sebenarnya untuk siapa?". Jawabnya adalah untuk para publisher Google AdSense. Para publisher Adsense yang telah dipercaya Google sebagai pihak ketiga yang bekerjasama untuk menerbitkan iklan dengan syarat mereka memiliki media online seperti blog, website, dll. Dengan SEO, para publisher Adsense dapat berkreasi dengan menciptakan karya dan artikel menarik untuk pengunjung mereka. SEO memudahkan media online para publisher untuk dicari melalui mesin pencari Google, karena banyak orang yang terkadang tidak hafal URL address mengenai informasi yang akan dicari. Rata rata setiap orang lebih biasa mencari informasi di kotak mesin pencari Google dan mengetikkan kata atau pertanyaan yang ingin membutuhkan informasi atau jawaban. Terimakasih telah menyimak ulasan yang saya tulis menurut sepengetahuan saya ini. Maaf jika ada salah kata. Salam Sukses untuk Anda semua! Sumber : http://al-rasyid.blog.undip.ac.id/2012/04/11/google-adwords-adalah-masa-depan-periklanan-indonesia/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun