Mohon tunggu...
Andi Syamsuddin
Andi Syamsuddin Mohon Tunggu... -

Guru Matematika di SMPN 8 Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Efektifkah Pertanyaan Anda?

30 November 2014   16:13 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:27 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Bertanya adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, kegiatan belajar mengajar tanpa kegiatan bertanya adalah kegiatan belajar yang tidak lengkap. Kegiatan bertanya yang dilakukan oleh guru memerlukan perencanaan yang baik, agar menghasilkan pertanyaan yang efektif, untuk diajukan kepada peserta didik.

Dalam mengajukan pertanyaan yang efektif, perlu dipertimbangkan tujuan mengajukan pertanyaan, karakteristik pertanyaan yang efektif, dan teknik bertanya yang efektif.

Tujuan bertanya yang biasa dilakukan dalam proses pembelajaran antara lain untuk; memeriksa kesiapan belajar siswa, memeriksa apakah PR atau tugas-tugas pada pertemuan sebelumnya sudah dikerjakan, ada yang sulit, atau masih ada yang belum dipahami dengan baik, memastikan bahwa pengetahuan prasyarat yang diperlukan untuk pembelajaran sekarang, dikuasai peserta didik, memancing peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran, memfokuskan peserta didik pada materi yang akan dipelajari, memeriksa pemahaman peserta didik terhadap materi yang baru dipelajari, mengetahui alasan peserta didik terhadap jawaban yang disampaikan, memberi kesempatan kepada semua siswa mendengar penjelasan yang berbeda dari siswa yang lain, dan membantu guru menentukan laju pelajarannya serta untuk mengendalikan prilaku siswa.

Setelah memutuskan tujuan mengajukan pertanyaan, selanjutnya adalah membuat pertanyaan dengan karakteristik tertentu. Ciri pertanyaan efektif antara lain: menuntut siswa berpikir, tidak sekedar mengingat dan menyebutkan, bersifat pertanyaan yang open-ended,memungkinkan jawaban yang beragam, memungkinkan siswa memaknai matematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut, memungkinkan guru menilai secara holistik kemampuan matematika siswa.

Pertanyaan efektif yang kemungkinan besar dapat membelajarkan siswa secara maksimal adalahpertanyaan yang memungkinkan jawaban yang beragam, sehingga siswa dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam merespon pertanyaan yang diberikan.

Beberapa ciri pertanyaan yang kurang efektif antara lain;menggunakan kata tanya “apa” atau “mana”, sehingga siswa hanya menjawab pertanyaan dengan mengingat, dan pertanyaan yang bersifat tertutup sehingga siswa mudah menebak jawaban dan hanya menuntut cara berpikir yang rendah.

Akhirnya, setelah mengetahui tujuan mengajukan pertanyaan dan karakteristik pertanyaan yang efektif, kembali lagi penilaiannya kepada diri kita sendiri. Apakah selama ini, pertanyaan yang diajukan kepada anak didik kita sudah termasuk pertanyaan yang efektif? Semoga tulisan ini menjadi pengingat buat penulis, dalam mengajukan pertanyaan di masa-masa yang akan datang.

"Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat Online P4TK Matematika"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun