Mohon tunggu...
Bintang Jaya
Bintang Jaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Seorang mahasiswa aktif yang memiliki minat tinggi dalam mempelajari dunia ekonomi dan juga bisnis. Aktif dalam berorganisasi dan mengikuti penelitian yang berbau ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Talkshow: Membuka Peluang Emas Gen Z

3 Maret 2024   21:30 Diperbarui: 3 Maret 2024   21:38 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Forum Bisnis Kamajaya Business Club/dok. pri

Kamajaya merupakan sebuah komunitas yang dibentuk melalui kongres yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 Mei 1985. Kamajaya sendiri merupakan singkatan dari Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dimana komunitas ini berisikan para alumni yang dahulunya melakukan studi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kamajaya dibentuk dengan tujuan melanjutkan dan mencapai cita-cita Universitas Atma Jaya Yogyakarta, serta membangun hubungan erat dan timbal balik antar sesama alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Pada tanggal 25 Februari, 2024, kamajaya melaksanakan sebuah forum bisnis berjudul “The Gen Z Goldmine: Menavigasi Demografi Bisnis Masa Depan”. Forum bisnis ini berisi talk show dan juga kesempatan untuk berdiskusi bersama alumni.

Forum bisnis membahas tentang peluang-peluang emas yang dimiliki oleh generasi Z dan tantangan apa saja yang akan dihadapi oleh generasi Z. Forum bisnis ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan anggota Kamajaya.

Forum Bisnis Kamajaya Business Club/dok. pri
Forum Bisnis Kamajaya Business Club/dok. pri

Karakteristik Generasi Z dalam Berbisnis

Generasi Z menampilkan dinamika bisnis yang menarik. Peran influencer memegang peranan penting dalam mempengaruhi preferensi pembelian mereka, dimana siapapun dapat menjadi influencer dengan review yang authentic. Mereka cenderung memilih produk yang customized dan berkelanjutan, serta lebih memperhatikan nilai dari suatu produk daripada generasi sebelumnya. Meskipun era digital telah mengglobal, generasi Z lebih suka berbelanja secara langsung di toko daripada online, didorong oleh kepercayaan pada ulasan dan bukti nyata. Oleh karena itu, menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah kunci untuk kesuksesan bisnis, dengan fokus pada kepercayaan dan kepuasan pelanggan untuk menjaga bisnis tetap berkelanjutan.

Peluang Generasi Z dalam Bisnis

Di era ini, bisnis tidak lagi menjadi hal yang eksklusif; sekarang, ini tentang kolaborasi. Dukungan modal dari bank dan akses mudah ke internet memungkinkan masyarakat, terutama Generasi Z, untuk menjelajahi dunia bisnis dengan lebih bebas. Dengan keberanian untuk melangkah keluar dari zona nyaman, mereka dapat menggali pengetahuan berharga dari para pengusaha sukses melalui riset online.

Tantangan Generasi Z dalam Bisnis

Namun, ada tantangan yang harus dihadapi Generasi Z dalam bisnis. Keterbatasan dalam komunikasi konvensional seringkali menjadi tantangan karena keterbiasaan berkomunikasi secara virtual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun