Penulis :Muhamad Bintang Abiana
UNIK DESTHIANI ajak mahasiswa Ilmu Komunikasi Agar Memahami Peran Vital Dari Stakehoulders Dalam Dunia Public Relations  di Gedung Viktor Kampus 2 Lantai 6 Ruang 640 pada Senin (29/4/2024). Kegiatan diharapkan agar mahasiswa Ilkom mampu memahami stakehoulders dalam setiap dunia public relations.
Menurut Unik Desthiani, dalam dunia bisnis dan manajemen, istilah "stakeholders" sering digunakan untuk merujuk pada berbagai pihak yang memiliki kepentingan dan pengaruh terhadap suatu perusahaan. Stakeholders adalah kelompok individu, organisasi, atau entitas lainnya yang dapat dipengaruhi oleh keputusan dan kinerja perusahaan, dan sebaliknya, juga dapat mempengaruhi perusahaan itu sendiri.
Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu stakeholders, jenis serta contohnya, fungsi dan peran mereka, serta profesi yang mengurus hubungan dengan stakeholders."Ujar Unik Desthiani sebagai dosen mata kuliah Dasar Dasar Humas."
Beliau menjelaskan bahwa, jika dilihat dari materi-materi yang ada didalam mata kuliah Dasar-Dasar Humas bahwa stakehoulders itu sangat penting dalam sebuah perusahaan.
Mereka memiliki peran yang berbeda-beda dan memiliki tujuan serta kepentingan yang beragam terkait dengan aktivitas dan keputusan perusahaan. Stakeholders dapat mencakup berbagai kelompok seperti pemegang saham, karyawan, pelanggan, pemasok, mitra bisnis, komunitas local, pemerintah, dan media.
Stakeholders memainkan peran yang sangat penting dalam keberhasilan dan kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Hubungan yang baik dengan berbagai kelompok pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham, karyawan, pelanggan, dan pemasok, membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis dan membangung reputasi yang positif. Oleh karena itu, pemahaman dan manajemen yang efektif terhadatp stakeholders menjadi hal yang sangat krusial bagi setiap perusahaan.
Beliau menambahkan bahwa Dalam dunia bisnis , istilah "stakeholders" Seperti yang telah dijelaskan  dengan memahami peran vital dari stakeholders yang sangat penting dapat menguntungkan keberlangsungan dan keberhasilan hidup sebuah perusahaan dan sering digunakan untuk merujuk pada berbagai pihak yang memiliki kepentingan dan pengaruh terhadap perusahaan, dan sebaliknya, juga dapat mempengaruhi perusahaan itu sendiri.
Stakeholders dapat mencakup berbagai kelompok seperti pemegang saham, karyawan, pelanggan, pemasok, mitra bisnis, komunitas lokal, pemerintah, dan media. tutur Unik Desthiani dalam penjelasan mengenai pemahaman tentang peran vital dari stakehoders dalam dunia public relations.
Dalam sistem pembelajarannya beliau menerapkan sistem yang cukup fleksibel, dimana beliau lebih banyak berinteraksi dengan mahasiswa dalam memberikan materi agar mahasiswa lebih mudah memahami dan tidak merasa tegang saat menerima materi yang diberikan oleh beliau.