Mohon tunggu...
Bimly Akbar Shafara
Bimly Akbar Shafara Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Muda Berkarya ! STEI ITB 2013

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Jebakan Batman di Kota Bandung

16 September 2013   19:41 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:48 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Hari itu adalah hari yang ditunggu-tunggu mayoritas anak SMA di manapun ia berada. Termasuk juga gue dan temen-temen. Siang itu sambil menunggu pengumuman kelulusan SBMPTN 2013, gue jalan-jalan sama temen. Niatnya pengen ngilangin rasa deg-degan aja. Akhirnya kami memilih untuk nonton di salah satu mall di jogja, gue juga lupa tuh nama mallnya, haha. Lalu detik-detik pengumumanpun tiba, bukannya nikmatin filmnya malah makin deg-degan juga takut udah seneng-seneng ternyata malah gak lolos, mau ngomong apa cobak gue ke orang tua.

"Du bidu bidu rappa du bidu bidu rappa" ya seperti itulah bunyi sms di hape gue waktu gue udah keluar nonton. Banyak temen-temen yang nanyain gimana hasilnya. Gue waktu itu belum lihat. Ya karena pake hape yang emang gak berkeas yah gak bisa buat on. Pengennya ntaran aja kalo dah sampek rumah (rumah temen gue, sebut saja Saka) mau lihat lewat laptop aja. Tapi sebelum sampek rumah orang tua ngabarin kalo ternyata lolos di pilihan pertama, yaitu di salah satu institut di Bandung. Serentak gue jingkrak-jingkrak dan teriak sampek-sampek dimarahain orang yang jaga toko couple. Waktu itu gue sempetin nganterin Saka buat beliin baju couple buat pasangannya sebut saja Sharien.

Nah Alhamdulilah banget dah tuh kan. Singkat cerita akhirnya gue sama temen-temen yang  juga lolos di Bandung berencana berangkat bareng kan tuh. Nah kami berangkat ber lima (sebenernya enem, yang satu single fighter sebut saja Irfan). Naas menghampiri kami, walaupun pesen udah jauh-jauh hari nya, karena emang mepet abis lebaran berangkatnya, tgl 12 Agustus, harga tiket kereta dapet yang eksekutif tuh 475 ribu. Ya mau gimana lagi kan, mau sukses kan juga harus modal kan. Kayak semboyan Jawa Timur, Jer Basuki Mawa Beya .

Singkat cerita nih, kita berangkat kan dari stasiun Gubeng (bukan gibeng lho ya), Surabaya kira-kira pukul tujuh malem. Beer, dingin banget tuh di kereta kayak di dalem kulkas aja. Lalu kami pun sampai di Kota Bandung sekitar pukul setengah sembilan, padaha harusnya kalo di jadwal pukul tujuh pagi. Nah disini nih mulai firasat kagak enak. Kita kan rencana numpang dulu nih di kontrakan a.k.a basecamp kakak kelas yang juga dari malang/palembang (secara kita masih ada hubungan dengan suatu yayasan). Tapi masalahnya ternyata kuncinya kagak ada, jadi kebawa pulang dan gak dititipin di temennya yang tinggal di bandung. Akhirnya kita dijemput sama kakak kelas kami yang baik banget lah pokoknya. Sebut saja Kang Angga sama Teh Farah. Yaudah kita ngikut ajah. Ya kita pikir aman-aman aja lah karena kakak kelas yang pegang kunci sebut saja Mas Ipil sms kita "santai ae rek, awakmu pasti bakalan turu ng basecamp kok, tenang mengko onok koncoku sing bakal ngeterne kuncine" (artinya santai aja, kalian bakal tidur di basecamp. Ntar ada temen ku yang bakal nganterin kuncinya). Nah sambil menunggu waktu si temen ini nganterin kunci. Akhirnya kami pun cari tempat singgah bentar buat naruh tas lah, berat banget kan orang emang bawa barang banyak buat kuliah jugak.

Akhirnya dapet juga tempat nitipin barang. Setelah dibantu sama orang di Masjid Salman depan kampus kami. Awalnya sih gak bisa, ini juga nih gara-gara si Mas Ipil yang bilang santai-santai doang. Gimana orang bisa santai cobak gak punya tujuan kayak gini.

Waktu semakin berlalu akhirnya gue dan temen-temen ngehubungin Mas Ipil kan. Lha kok dia masih bilang santai-santai doang, padaha nih kami udah pada bingung mau kemana. Ini udah menjelang maghrib dan belum ada kejelasan . Akhirnya gue telpon intinya dia bilang kalo yang bawa kunci namanya Mas Upul. Katanya dia masih perjalanan, santai aja. Firasat buruk nih gue. Gue rasa-rasa ada misskomunikasi nih. Gue rasa nih si Ipil bilang ke Upul kalo kami mau ke basecamp dan minta tolong Upul nganterin kunci. Tapi masalahnya adalah si Upul nih hapenya mati jadi gak ada balesan dari tadi pagi. Soalnya waktu sore nih gue telpon gak bisa tuh. Hapenya mati. Nah tapi si Ipil bilang santai aja pasti ke basecamp. Haduh makin bingung nih gue sama temen-temen mau ngapain. Masak ngemper di Masjid. Kalo gue sih gak masalah, karena gua juga pernah tidur masjid ama sohib ane sebut saja Fadil karena kemaleman abis nonton konser Souljah di salah satu universitas di Bandung. Tapi sekarang keadaan beda, ada ceweknya nih sebut saja Inayah sama Nuning.

"Sek rek aku arep adus ng kos" (Sebentar ya, aku mau mandi di kos dulu) . Alhamdulillah keadaan mulai terang nih. Ada sms dari Mas Upul untuk nunggu karena dia masih mau mandi dan bakalan nganterin di basecamp. Kamipun segera nyarter angkot untuk meluncur ke basecamp. Tidak jauh sih dari kampus, letaknya di deket monumen perjuangan pancasila kota bandung. Kita nunggu kok agak lama ya padahal dia bilang udah OTW . Dalam benak gue pikir, On The Way kemana ? On The Way cari makan ? -__-" . Tiap ada motor lihat kita lihatin tuh rame-rame kayak apa aja, haha. Akhirnya orang yang ditunggu-tunggu pun dateng tuh. Orangnya kelihatan kereng banget dah, rambutnya gondrong, tinggi, tapi baik hati juga lah.

Belum bisa bahagia nih, ada masalah lagi. Ni gak ada kunci pagernya, jadi kita musti manjat pager udah kayak maling aja. Gak cuma disitu setelah manjat pager, kita coba buka eh ternyata gak bisa. Ntah kenapa kuncinya kok gak bisa masuk. Setelah di check lha kok kunci nya gak sama degan merk gagang pintunya. Waduh gue udah makin bingung aja. Gimana ini ceritanya kok gini. Kok dateng pagi-pagi sampek maghrib sekarang gak bisa masuk. Apa jangan-jangan nih emang dikerjain kakak kelas kayak di tipi-tipi tuh dibikinin jebakan batman -_-

Wah udah bingung gitu ya. Akhirnya si Upul telpon ke Ipil. "Pil gimana nih, elo yang bener dong ni kunci kagak bisa dipakek" . Setelah berbincang-bincang akhirnya Mas Upul balik lagi ke kosan dia buat nyari-nyari kuncinya. Karena sebenarnya emang dia kagak di titipin kunci. Tapi si Ipil waktu maen ke kosan Upul ninggalin kuncinya secara gak sengaja. Wah makin mumet nih gua kayaknya bakalan ngemper beneran nih. Sial-sial hari pertama di kota Bandung malah jadi runyem gini.

"Selamat Adik-Adik kalian sampai di Bandung. Bagaimana hari ini menyenangkan bukan ?" . Itulah yang tertulis di kertas yang di tempel di dinding basecamp. Alhamdulillah udah kebuka basecamp berkat Mas Upul yang kerja keras buat nyari kunci yang ditinggalin Mas Ipil di kosannya. Gue dalam ati jadi bahagia akhrinya kebuka juga. Dan ternyata itu emang udah di rencanain kakak kelas ama temen-temennya. Biar kita juga bisa jalan-jalan di Bandung dan sedikit ada cerita yang tak terlupakan hari pertama di Bandung. Masuk basecamp bener-bener perjuangan dah. Apalagi buat temen gue si Nuning tuh yang badannya segedhe patung Ganesha, haha. Manjatnya susah, kudu pake bantuan sepeda motor buat naiknya. Kasian juga sih lihatnya, haha.

Nah namun kita tetep bahagia dan seneng . Kita berterimakasih karena udah di sambut kakak kelas dengan segala kejutannya. Sampek bikin orang kayak maling. Tapi hari itu bener-bener gak bisa dilupain deh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun