Mohon tunggu...
M.F.A. Bima Sakti
M.F.A. Bima Sakti Mohon Tunggu... Penulis - Akademisi, Aktivis Mahasiswa, Digitalpreneur

Terus tumbuh dan berkembang 1% setiap hari secara konsisten.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mendorong Kolaborasi dan Kerja Tim: Pembelajaran Kolaboratif yang Menguatkan Karakter

23 September 2023   09:05 Diperbarui: 23 September 2023   09:12 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh: Bima Sakti

Kolaborasi dan kerja tim bukan hanya keterampilan penting dalam dunia kerja, tetapi juga merupakan komponen vital dalam pendidikan karakter. Pembelajaran kolaboratif tidak hanya mengajarkan siswa untuk bekerja bersama dalam mencapai tujuan bersama, tetapi juga membantu membentuk karakter mereka dengan cara yang positif. Artikel ini akan membahas mengapa mendorong kolaborasi dan kerja tim dalam pendidikan adalah penting dan bagaimana hal ini dapat membantu menguatkan karakter siswa. Kerja tim melibatkan pemahaman dan empati terhadap pandangan dan kontribusi setiap anggota. Siswa belajar untuk mendengarkan, memahami, dan menghargai perspektif orang lain, yang merupakan aspek penting dari pendidikan karakter. 

Kolaborasi mengembangkan keterampilan sosial siswa, termasuk komunikasi efektif, pemecahan masalah, dan negosiasi. Ini membantu mereka dalam berinteraksi dengan orang lain secara positif dalam berbagai konteks. Kerja tim dapat menguatkan kepemimpinan yang berkarakter. Siswa yang belajar untuk memimpin tim dengan etika dan integritas akan menjadi pemimpin yang lebih efektif di masa depan. 

Kerja tim juga mengajarkan siswa cara mengatasi konflik dengan cara yang konstruktif. Ini membantu mereka dalam mengelola ketegangan dan menyelesaikan masalah secara damai. Sekolah dapat mendorong kolaborasi melalui proyek-proyek yang melibatkan kerja tim. Siswa dapat diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan tertentu bersama-sama. 

Menggunakan pembelajaran berbasis masalah memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam mencari solusi untuk masalah yang kompleks. Ini mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kerja tim mereka. Sekolah dapat menyediakan pelatihan keterampilan sosial yang melibatkan komunikasi yang efektif, pemecahan konflik, dan negosiasi. Ini membantu siswa menjadi anggota tim yang lebih efektif. 

Sekolah dapat mengatur situasi di mana siswa harus bekerja dalam tim secara tiba-tiba atau ad hoc. Ini mengajarkan fleksibilitas dan adaptabilitas dalam berkolaborasi. Sekolah harus menilai kerja tim siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Ini membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam kerja tim. 

Mendorong kolaborasi dan kerja tim adalah langkah penting dalam pembentukan karakter siswa. Ini membantu mengembangkan empati, keterampilan sosial, kepemimpinan yang berkarakter, dan kemampuan mengatasi konflik. Dengan mengintegrasikan pembelajaran kolaboratif ke dalam kurikulum dan menciptakan lingkungan yang mendukungnya, sekolah dapat membantu siswa menjadi individu yang mampu bekerja sama secara efektif dan memiliki karakter yang kuat. Ini adalah investasi berharga dalam persiapan mereka untuk masa depan dan kontribusi positif pada masyarakat. 

*) Penulis adalah Staf Kemitraan dan Komunikasi Publik Direktorat PPG Ditjen GTK Kemendikbudristek

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun