Mohon tunggu...
Purwanto (Mas Pung)
Purwanto (Mas Pung) Mohon Tunggu... Guru - Pricipal SMA Cinta Kasih Tzu Chi (Sekolah Penggerak Angkatan II) | Nara Sumber Berbagi Praktik Baik | Writer

Kepala SMA Cinta Kasih Tzu Chi | Sekolah Penggerak Angkatan 2 | Narasumber Berbagi Praktik Baik | Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2022 Kategori Kepala SMA | GTK Berprestasi dan Inspirasi dari Kemenag 2023 I Penyuluh Agama Katolik Non PNS Teladan Nasional ke-2 tahun 2021 I Writer | Pengajar K3S KAJ | IG: masguspung | Chanel YT: Purwanto (Mas Pung) | Linkedln: purwanto, M.Pd | Twitter: @masguspung | email: bimabela@yahoo I agustinusp134@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SMP Kolese Kanisius Merayakan Indahnya Keberagaman

12 Juni 2018   00:08 Diperbarui: 12 Juni 2018   00:18 693
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Graduation SMP Kolese Kanisius Jakarta 2018 | Dokpri

"Inspiratif" itulah kesan saya setiap kali menghadiri acara di SMP Kolese Kanisius Jakarta. Pun pula pada acara malam graduation 2018 (28 Mei 2018) Sebagai orang tua sungguh merasa bangga dan bersyukur bisa menyekolahkan anak ke sekolah ini. 

Sebagai orang tua, kami terlibat secara intensif pada proses formatio anak kami. Kendati di sana-sini keterlibatan itu kami sadari belumlah maksimal. Dan ini lebih disebabkan oleh kami sebagai orang tua. Pihak sekolah telah berupaya semaksimal mungkin melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak selama tiga tahun ini.

Sekolah Rumah Bagi Anak

Kesan ini sangat kuat saya rasakan pada diri anak saya. Selama tiga tahun bisa dikatakan sebagian besar waktu anak saya dihabiskan di sekolah. Tentu saja setelah di rumah. Anak saya sangat menikmati dengan kegiatan dan kebersamaan bersama teman-temannya. Nampaknya kesan saya ini bukanlah kesan personal. Pada malam graduation, semua acara dikemas dengan sangat apik. 

Semangat kekeluargaan dan persaudaraan (brotherhood) sangat kuat diantara para siswa. Luar biasa. Anak-anak dari latar belakang ekonomi, social dan agama serta suku yang berbeda membaur dengan sangat jujur, mengalir dan menikmati. Bagai saudara mereka menguntai setiap acara-yang sesungguhnya lebih kuat menampilkan kembali semua kegiatan tiga tahun yang mereka alami bersama.

Dengan tema "Nos Sumus Simul Unum" atau Together We Stand as One" para siswa sungguh-sungguh dididik menghidupi nilai-nilai indahnya keberagaman sebagai sebuah keniscayaan kondrati yang layak disyukuri dan dirayakan.

The Leader of Future

Kepemimpinan diantara para siswa tampak berkembang. Ini kentara sekali dari setiap acara yang ditampilkan. Para siswa sebagai inisiator, pengarah dan pelaksana. Bagi saya ini sangat hebat. 

Siswa kelas 9 mampu menyuguhkan acara yang sangat menarik dengan entertaint yang luar biasa. Saya sangat yakin bahwa mereka akan berkembang menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas. Tentu saja hal itu membutuhkan lingkungan dan model formation yang lebih baik. Sungguh saya bersyukur atas kesempatan bahwa anak saya bisa bergabung dengan SMP Kolese Kanisius Jakarta.

Evaluasi Kritis

Sebagai orang tua, saya mengapresiasi pencapaian yang diperoleh SMP Kolese Kanisius tahun ini. Sejak tahun pertama sampai tahun ketiga, kami sebagai orang tua dilibatkan dalam perencanaan, dan pelaksanaan proses pendidikan di sekolah ini. Sebagai orang tua yang berprofesi guru, saya tahu tidak mudah bagi kepala sekolah dan moderator membawa tim guru kepada pencapaian maksimal akademik dan non akademik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun