Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIKOM) UNIS Tangerang gelar Talkshow Communication 4.0 dengan tema "Konten Digital Untuk Generasi Milenial". (26/19)
Acara yang berlangsung di Auditorium lantai 6 gedung A UNIS Tangerang ini, diisi oleh sejumlah praktisi Humas Kurnia Purwanto, Pimpinan Redaksi Portal Media UZONE indonesia Trisno Heriyanto dan Jurnalis sekaligus Youtuber, Danang Ardian.
Praktisi Humas, Kurnia Purwanto mengatakan perlunya optimasi PR dalam konten digital. "PR perlu mendengarkan percakapan publik di sosial media, mendeteksi isu isu sosial dan menciptakan konten yang menarik"
Di tempat yang sama, Youtuber sekaligus jurnalis Danang Ardian mengatakan pentingnya motivasi dalam membuat konten digital. "Yang pertama itu motivasi, untuk bisa menentukan topiknya apa, target, dan kenapa orang itu menonton video kita, selanjutnya disusul passion, konsistensi, strategi dan karakter. Jadi Youtuber itu susah" tutupnya seraya tertawa.Â
"Jurnalis masa depan, semua bisa menjadi jurnalis, namun ada perbedaan antara konten kreator dengan produk jurnalistik, yaitu aktualitas, menarik dan proses pemberitaan yang panjang" sambung Pemimpin redaksi portal Media Uzone.Id
Ia juga menambahkan, di era digital 4.0 ini tak cukup hanya menggunakan metode 5W + 1H.
"Selain 5W + 1H, ada formula SEO (Search Engine Optimization) dimana formula ini kita bisa mengoptimalkan setiap produk atau artikel artikel jurnalisme" tutupnya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H