Mohon tunggu...
Bilqis Anindya Passa
Bilqis Anindya Passa Mohon Tunggu... -

Aku Bilqis berusia 16bln, mnderita atresia billier (pnyumbatan sal.empedu) dgn sirosis hepatis yg progresif. Kondisi ksehatanku sdh memasuki tahaP akhir & hrs segera mnjalani transplantasi hati yg mmbutuhkan dana berkisar 1M. sampai saat ini ke2 org tuaku sdh mnjalani b'bagai mcm terapi namum kondisi keuangan tdk memungkinkan utk transplant. Aku menanti koin simpati dari saudara2 skalian. Aku ingin sembuh, Trimakasih

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Penyakit Langka Itu, Menyerang Ku....

30 Desember 2009   11:37 Diperbarui: 26 Juni 2015   18:42 1455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Nama aku bilqis anindya passa, aku lahir tanggal 20 agustus 2008, hari ke 3 kelahiranku kulit dan mataku kuning . Sementara mamiku boleh pulang dari Rs aku tetap berada di Rs untuk menjalani terapi sinar karena kadar Bilirubin mencapai 11,4. Esoknya aku diijinkan untuk pulang dengan kadar bilirubin 9,8. Dokter menyarankan aku untuk slalu dijemur dan banyak minum ASI.Horeee...akhirnya aku bisa berkumpul dengan keluargaku..

2 minggu umurku, kuning di mataku tak kunjung hilang. Hal lain yg tampak aneh adalah warna BAB ku tampak berwarna putih dempul (pucat). Aku segera kembali ke dokterku dan disarankan untuk melakukan USG abdomen (rongga perut). Hasilnya adalah ATRESIA BILIER ( suatu keadaan dimana saluran empedu tidak terbentuk atau tidak berkembang secara normal) http://medicastore.com/penyakit/906/Atresia_Bilier.html.

Masih tidak percaya dengan hasil USG, orangtuaku mencari 2nd opinion ke dokter spesialis anak yg lain sampai akhirnya aku dipertemukan dengan dokter spesialis anak sub spesialis gastrohepatologi.

4 minggu usiaku....aku mulai melakukan serangkaian pemeriksaan, karena jika memang terbukti Atresia Bilier aku harus segera melakukan operasi bedah perut sebelum usiaku 2 bulan karena jika lebih dari 2 bulan dikhawatirkan kondisi hatiku akan mengalami kerusakan.
Biopsi Hati adalah pemeriksaan yg dilakukan terhadapku dengan hasil Atresia Bilier (padahal aku berharap dari pemeriksaan ini hasilnya bukan atresia bilier loh..).
Akurasi pemeriksaan ini 90 %..Ya Allah berarti aku harus menjalani operasi bedah perut di usiaku yg masih dini ini....

6 minggu usiaku...aku melakukan Operasi Kasai (Operasi bedah perut untuk menyambung hati ke usus halus). Semua keluargaku berdoa untuk kesembuhanku, mereka tampak khawatir sekali. Banyak sekali air mata yang mengantarku ke ruang operasi.
Allah...di usiaku ini, aku harus merasakan pisau2 operasi itu...tapi harus aku jalani karena Aku Ingin Sembuh...Aku anak yg Kuat ya Allah..

Operasi berjalan 7 jam...(pasti keluargaku gelisah di luar sana)...tak putus2 doa dan dzikir dikirimkan untukku...
Operasi selesai dan empeduku telah diangkat... aku segera masuk ICU dengan berbagai macam selang2 di sekitarku..

Ada berita buruk tentang kondisi hatiku...ternyatasaat perutku dibuka sebagian besar hatiku telah mengalami kerusakan dan menghitam (sirosis hati). Kondisi apalagi ini??? Padahal aku menjalani operasi sebelum usiaku 2 bulan. Allah telah berkehendak dan aku harus menerimanya...

Kurang lebih 2 minggu aku melewati masa kritisku setelah operasi di ICU. Akhirnya aku boleh kembali ke ruang perawatan. Rasanya rumahku telah berpindah jadi ke rumah sakit..

Kini usiaku 16 bulan...hampir tiap 3 bulan kamarku pindah ke Rumah Sakit...
Hari-hariku dari sejak operasi sampai sekarang aku harus minum obat yg banyak sekali sampai sebenarnya aku bosan sekali..

Aku ingat saat dokter bilang, operasi yg aku lakukan hanyalah jembatan saja bukan terapi yg sebenarnya untuk menyembuhkanku.
Pada akhirnya terapi yg sebenarnya yg harus aku lakukan adalah transplantasi hati yg membutuhkan biaya sangat besar.
Kini kondisiku memang harus segera untuk dilakukan transplantasi hati..

Papa....Mami....aku tau tidak sedikit biaya selama ini untukku...
Tapi Aku Ingin Sembuh....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun