Mohon tunggu...
Billy Steven Kaitjily
Billy Steven Kaitjily Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis dan Narablog

Senang traveling dan senang menulis topik seputar Sustainable Development Goals (SDGs).

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sempol Ayam Khas Malang: Jajanan Kaki Lima yang Paling Banyak Digemari

6 November 2023   00:03 Diperbarui: 6 November 2023   08:31 553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sempol ayam khas Malang Mas Heru depan Indomaret. (sumber: dokpri)

Selama 5 tahun merantau di Malang, saya sering makan bakso khas Malang. Ketika merantau ke Jakarta, saya juga makan bakso Malang, tapi nggak sering seperti masih di Malang.

Wah, ternyata bakso Malang ada di mana-mana, ya. Kalau di kota kalian ada bakso khas Malang nggak?

Belakangan, saya baru tahu kalau Malang juga punya makanan enak selain bakso, yakni sempol ayam. Lucunya, saya baru tahu makanan ini ketika merantau ke Jakarta.

Makanan yang berasal dari Desa Sempol, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang ini bisa dibilang sebagai "saudaranya" cilok. Umumnya, makanan ini biasa dijajakan di pinggir jalan.

Kalau di Meruya Utara, sempol ayam khas Malang bisa kalian temui di Jl. H. Lebar, Meruya Utara, Kembangan. Persis depan Indomaret.

Tadi, saya sengaja mampir untuk beli 14 tusuk. Oh ya, per tusuknya Rp 1000. Murah banget. Kalau di kota kalian berapa harganya?

Mas Heru, si penjual, mengaku ke saya kalau per harinya sempol ayam bisa terjual sekitar 350 sampai 450 tusuk. Dalam sebulan dia bisa meraup keuntungan sekitar 7 sampai 8 juta. Wow!

Dia bercerita kalau langganannya saat ini cukup banyak. Padahal, dia baru mulai usahanya sekitar 6 bulan.

Dari tadi kami mengobrol, sudah sekitar 5 atau 6 orang langganannya yang datang beli. Sebelum saya pamit pulang, dia masih sempat mendatangkan 100 tusuk lagi. Wah, semoga dagangannya laris-manis ya, Mas Heru!

Setelah pulang ke rumah, saya ajak istri untuk makan sempol ayamnya. Rasanya gimana? Enak banget. Pantas disukai oleh banyak orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun